Select Page

Mengapa Interpersonal Skill itu Penting – Motivator Indonesia –

Interpersonal Skill yang baik akan sangat bermanfaat bagi anda apapun profesi yang sedang anda geluti sekarang ini karena menurut beberapa penilitian salah satunya yang ada di dalam buku yang di tulis oleh Les Giblin adalah :

Hasil survey dari : Survey Institute Teknologi Carnegie yang di ambil dari 10.000 responden adalah:

15% sukses berkat latihan teknik,otak dan keterampilan dalam pekerjaan

85% sukses berkat kemampuannya membangun hubungan baik dengan orang lain.

Penelitian yang di lakukan Dr. Albert Edward Wigam yang di ambil dari 4000 responden adalah :

10% orang diberhentikan dari pekerjaannya karena tidak memiliki keterampilan dalam melakukan pekerjaannya.

90% orang diberhentikan karena tidak mampu mengembangkan kemampuan membangun hubungan baik dengan orang lain.

Dari hal tersebut di atas maka kita menyadari begitu pentingnya Interpersonal skill ini oleh sebab itu kita harus meningkatkan Interpersonal Skill kita. Ada berbagai cara agar kita bisa diterima dengan baik oleh orang lain diantaranya adalah perbaiki cara berkomunikasi kita dengan orang lain dan yang kedua perbaiki cara kita berpenampilan.

Bagaiaman detailnya ? Anda bisa mengundang saya untuk berbagi di perusahaan atau di komunitas anda.

Silahkan hubungi 081219530180

Davied Vierronieca

VUCA BISA DI HADAPI – Motivator Indonesia –

Akhir-akhir ini sering kita mendengar kata VUCA, Apa Itu VUCA World? VUCA berasal dari kata Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity” yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai Rapuh, Tidak pasti, Rumit dan Rancu. Sebuah kondisi yang tampaknya sedang terjadi di seluruh dunia, dan khususnya Indonesia.

Hal ini membuat kondisi bisnis tidak berjalan seperti biasanya hal itu disebabkan karena ketidakpastian yang begitu tinggi, sehingga tidak ada satu perusahaan pun yang terjamin aman dari gelombang VUCA yang saat ini sedang melanda dunia. Perusahaan-perusahaan besar seperti Kodak, Nokia, Blackberry, Blockbusters dan lain-lain menunjukkan bahwa “menjadi perusahaan kuat” bukan jaminan bahwa perusahaan anda akan selalu aman dan berjaya.

Sebab dunia berubah, ekonomi berubah, politik berubah, bisnis berubah, kompetisi berubah, perilaku konsumen berubah. Dan kalau anda atau perusahaan anda tidak berubah, bersiap siaplah bahwa anda akan hilang ditelan jaman. Namun masih banyak perusahaan atau individu yang sombong atau arogan dan terlalu percaya diri serta merasa jika mereka masih mempunyai strength dan competitive advantage yang kuat.

Sayangnya, Strength di masa lalu sering kali tidak relevant di masa depan. Justru Strength di masa lalu sering kali membuat kita complacent dan lupa diri, lupa untuk being humble and keep learning. Being humble dan keep learning adalah sebagian cara agar kita bisa bertahan di era VUCA ini, karena tantangan kedepannya jauh lebih berat dibandingkan sebelum-sebelumnya maka anda dituntut untuk terus belajar menghadapi segala tantangan, dan rendah hati agar mudah untuk berkolaborasi dengan orang lain.

Anda tidak bisa lagi merasa yang paling hebat atau perusahaan anda perusahaan yang besar sehingga tidak mungkin tersisihkan dalam persaingan usaha, masih teringat dengan jelas dibenak anda dan kita semua bagaimana sekelompok anak muda dengan aplikasi buatannya mampu membuat perusahaan-perusahaan besar dalam bidang transportasi, retail, restaurant dan lain-lain sedikit goyah atau bahkan sudah berada di ambang kebangkrutan.

Sudah bukan saatnya bagi anda untuk meratapi nasib dan menunggu semuanya akan kembali seperti sediakala,  karena hal itu mustahil terjadi, yang harus anda lakukan saat ini adalah being humble dan keep learning sehingga kita bisa beradaptasi dengan yang namanya perubahan. dan kita bisa tersenyum saat menghadapi VUCA.

  1. Volatile ( Rapuh ) Tidak ada lagi bisnis yang stabil. semua bagaikan roller coasters
  2. Uncertainity ( Ketidak-pastian ) tidak ada lagi yang pasti, pesaing bermunculan tanpa bisa anda duga.
  3. Complexcity ( Rumit ) bisnis sekarang semakin rumit kalau dulu kita bisa hanya memikirkan profit namun sekarang anda dipaksa untuk memikirkan customer yang kebutuhannya selalu berubah.
  4. Ambiguity ( Rancu ) Semuanya makin rancu. Kita gak jelas lagi dengan aturan bisnis kita karena peraturan yang terus menerus berganti.

 

 

Interpersonal Skill – Motivator Indonesia –

Sebuah organisasi pasti membutuhkan seorang yang mampu memimpin dan mengatur organisasinya. oleh sebab itu dibutuhkan seseorang “berkompeten” dalam memimpin. Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang sukses maka Anda harus mengetahui dan bersedia mempelajari Interpersonal Skill.

Yang menjadi pertanyaan adalah apa itu Interpersonal Skill ? Interpersonal Skill adalah kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam hubungannya dengan orang lain, kecakapannya atau keterampilan untuk berkomunikasi baik verbal atau non verbal.

Secara sederhana interpersonal skill adalah kemampuan atau ketrampilan (skill) yang di miliki oleh seseorang untuk mengenali, menghadapi dan berinteraksi dengan orang lain, baik individu maupun masyarakat.

Untuk menguasai Interpersonal Skill Anda wajib menekan ego pribadi, dengan menekan ego pribadi maka Anda dapat belajar untuk memahami orang lain karena setiap orang mempunyai keunikannya masing-masing. dengan menguasai Interpersonal Skill akan memungkinkan Anda untuk menangani permasalahan di internal organisasi Anda secara lebih efektif dan komunikasi akan berjalan dengan baik (lancar). Sehingga dapat meningkatkan produktivitas orang-orang yang Anda pimpin dan memudahkan perusahaan atau organisasi mencapai target yang telah ditetapkan.

Dari sekian banyak kegagalan yang terjadi dari seorang pemimpin , salah satunya adalah karena buruknya Interpersonal Skill, rendahnya interpersonal Skill menyebabkan pemimpin tidak dapat berkomunikasi dengan baik kepada atasan, bawahan atau yang satu level dengannya, inilah yang mempengaruhi semangat tim  yang berpotensi menurunnya produktivitas anggota yang ada di dalam organisasi tersebut dan yang lebih parahnya lagi adalah ketika terjadi konflik antara pimpinan dan karyawannya maka bisa menyebabkan karayawan frustasi sehingga memicu turnover yang cukup tinggi.

Agar hal-hal di atas tidak terjadi, ada 3 (tiga) cara untuk meningkatkan kemampuan Interpersonal Skill kita :

  1. Menerima pesan dengan baik dengan cara mendengarkan secara empatik.
  2. Menekan ego pribadi, agar kita dapat memahami orang lain.
  3. Memperbanyak berinteraksi dengan orang-orang baru karena akan melatih mengembangkan Interpersonal Skill.

Masih ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan Interspersonal Skill kita yang Insya Allah akan saya bahas ada tulisan saya berikutnya, selamat mencoba dengan penuh keyakinan.

5 Cara Memperkuat Keyakinan -Motivator Indonesia-

Dalam hidup ini seringkali kita mendengar orang-orang yang berhasil dan juga orang-orang yang tidak berhasil dalam meraih cita-citanya, kebanyakan dari mereka yang tidak berhasil mewujudkan impiannya disebabkan karena rendahnya keyakinan atas apa yang bisa di dapatkannya.

Oleh sebab itu kita perlu memiliki keyakinan yang kuat atas keberhasilan kita dan agar keyakinan kita semakin kuat Anda perlu mencoba untuk melakukan ke lima cara ini dalam menjalani kehidupan, sehingga kehidupan kita jauh lebih baik.

1. Yakinlah pada kekuatan diri

Jangan sekalipun merasa minder, tidak percaya diri. Karena sikap seperti ini akan melahirkan rasa takut untuk bersaing dengan orang lain, takut mencoba dan takut untuk menghadapi tantangan. Buang jauh-jauh dari pikiran kita sikap hidup seperti ini. milikilah kebiasaan untuk selalu bersikap positif terhadap kehidupan kita.

2. Buang kebiasaan negative

mulai hari ini kurangi menonton sinetron dan drama TV yang hanya mengumbar “mimpi-mimpi di siang bolong”, hidup. Kurangi dan jauhhkan kebiasaan melakukan aktivitas sia-sia yang terlalu menyita waktu seperti main games, ngobrol ngalor-ngidul tanpa maksud yang jelas.

3. Perbanyak kebiasaan positif

Mulai hari ini perbanyak membaca buku-buku yang menambah semangat kita, menambah wawasan kita, perbanyak mendengar kaset, CD motivasi agar pengetahuan kita meluas, lakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik yang berkaitan dengan pekerjaan kita.

4. Bergaullah dengan orang-orang positif

Bergaullah dengan sering-seringlah bertukar pikiran dengan orang-orang yang telah sukses yang kita kenal dan belajarlah dari cara mereka memperoleh keberhasilan. Jadikan mereka sebagai sparing patner kita, dan berusahalah untuk melampaui kesuksesaan mereka.

5. Buang sikap malas

Beranilah mencoba hal-hal baru yang merupakan tantangan bagi kita. Hindari rasa takut untuk mencoba gunakan setiap kesempatan yang datang untuk menantang diri kita sendiri, dan biasakanlah berkata “saya harus mencoba karena saya yakin bisa” Faidz “azamta fatawakkal alallah (apabila kamu sudah bertekad maka bertakwalkallah kepad allah) biarkan Allah yang menentukan hasil akhirnya.

#YakiniItu

 

Service Excellence by Davied Vierronieca

Di era persaingan yang sangat luar biasa ini pelayanan memainkan peranan penting agar kita mampu memenangkan persaingan, ketika kita menjual produk dengan jenis dan kualitas yang sama maka yang harus kita kedepankan adalah pelayanan kita. sebagai contoh Anda bisa lihat begitu banyak hotel di Jakarta ataupun di tempat-tempat wisata dengan harga permalam yang relatif hampir sama kalaupun berbeda hanya sedikit selisihnya, namun sering juga kita jumpai ada hotel dengan harga yang cukup tinggi namun tamunya tetap banyak, sementara ada hotel yang harganya relatif murah namun tamunya sedikit.

Ternyata hotel-hotel yang banyak di kunjungi tamunya adalah hotel yang mampu memberikan pelayanan prima (Service Excellence) sehingga tamu merasa nyaman saat bermalam di hotel tersebut, dan ketika tamu merasa nyaman tdak menutup kemungkinan mereka akan merefrensikan hotel tersebut kepada teman atau sanak saudaranya, maka jika inging usaha Anda banyak di datangi pengunjung atau pembeli langkah yang harus Anda lakukan adalah merubah pelayanan Anda yang biasa-biasa aja menjadi luar biasa

Maka Anda harus menanamkan agar karyawan Anda mampu memberikan pelayanan prima (Service Excellence) kepada para pengunjung, lantas apa yang dimaksud dengan service excellence secara garis besar service excellence adalah kemampuan memberikan pelayanan melebihi ekspektasi dari yang di harapkan pelanggan, ketika kita mampu memberikan pelayanan prima maka bukan saja perusahaan yang mendapatkan keuntungan karyawan pun akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk kesejahteraan yang meningkat kemudian pelanggan pun akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk kepuasan.

Lalu bagaimana caranya agar karyawan kita mau memberikan pelayanan prima tanpa ada paksaan dan bukan hanya sekedar menjalankan SOP (standart operasional prosedur) maka sebagai pemilik usaha Anda wajib menanamkan KEYAKINAN kepada karyawan Anda bahwa ketika kita memberikan pelayanan yang terbaik kepada orang lain, maka orang lain pun akan memberikan yang terbaik bagi diri kita dan bisa jadi dengan pelayanan prima yang kita berikan kepada orang lain,Tuhan pun akan memudahkan hidup kita dan akan mengangkat derajat kita. Begitu banyak contoh ataupun kisah-kisah orang yang kehidupan dan pekerjaannya jauh lebih baik karena dia memberikan pelayanan yang terbaik di bidang kerjanya masing-masing.

Focus by Davied Vierronieca -Motivator Indonesia-

Nikmati hidupmu dan fokuslah terhadap kehidupanmu sendiri agar kamu bisa mencapai apa yang kamu cita-citakan, lelah sudah pasti akan kita rasakan ketika kita menjalaninya namun YAKINLAH bahwa hasil selalu berbanding lurus dengan upaya kita, teruslah berupaya hingga kita mendapatkan apa yang kita inginkan, dan dalam menjalaninya fokuslah pada diri kita tak perlu terlalu banyak mendengarkan perkataan orang yang belum tentu baik untuk kita.

Ketika kita mengalami kegagalan dalam mengupayakannya teruslah melangkah dan jangan pernah berhenti karena pasang surut dalam kehidupan adalah hal yang biasa, tetaplah berupaya sesuai dengan tuntunan-Nya dan Yakinlah atas kebesaran-Nya, jika Dia mampu merubah malam menjadi siang, maka sangat mudah bagin-Nya mengangkatmu dari kesulitan hidup dan menggantinya dengan kebahagian.

Pada saat kita berusaha sudah pasti ada saja orang yang tidak suka atau justru membenci kita dan itu bisa membuat kita terdemotivasi saran saya jangan pedulikan pembencimu karena mereka hanya akan menjadi penghambat bagi masa depanmu, dapatkan kegembiraanmu dan bagikan kepada pembencimu saat kamu sudah mendapatkan apa yang kamu inginkan, tindakan itu jauh lebih mulia dan lebih berkelas.

Salam Belief!!

Mama Kaulah Pahlawanku -Motivator Indonesia-

Entah kata apa yang pantas aku ucapkan untuk membalas semua kebaikan yang telah diberikan oleh seorang wanita yang telah mendidik dan membesarkan aku hingga aku ada sampai dengan hari ini, tak terbayang olehku rasa sakit yang dirasakannya akibat kesulitan hidup dalam mendidik dan membesarkan aku .

Ya.. engkaulah mama ku.. Ma.. maafkan aku jika sampai dengan hari ini belum mampu membalas semua kebaikanmu dan mungkin sampai kapanpun aku sebagai anak tak kan mampu membalas semua pengorbanan yang telah mama lakukan untuk ku..

Ma.. sampai kapan pun anak mu ini nggak akan pernah lupa akan semua pengorbanan yang sudah mama lakukan untuk ku, ma… hari minggu yang lalu ketika aku pergi sama Izza di daerah kuningan Jakarta Selatan, aku melihat Pegadaian yang masih tutup, tiba-tiba air mataku menetes.

Tiba-tiba aku ingat kenangan masa lalu saat aku masih duduk di kelas 3 SD, pagi-pagi mama mengajakku ke pegadaian dan pegadaian itu masih tutup, aku masih ingat tangan mama memegang erat televisi yang di bungkus dengan taplak meja, dan semua itu mama rela lakukan agar aku bisa membayar SPP yang sudah menunggak selama hampir 3 bulan.

Semua itu mama lakukan agar aku tidak dikeluarkan dari sekolah, Ma aku tau itu adalah sebagian kecil dari perjuangan mama dalam mengasuh dan membesarkan aku, karena begitu banyak pengorbanan lainnya yang jika aku tuliskan disini takkan mungkin cukup…

Ma… walaupun langit runtuh, walaupun bumi ini hancur aku akan tetap menyayangimu…. i love you ma…

Dari anakmu…

Davied Vierronieca

 

 

Terima kasih Guruku -Motivator Indonesia-

imageketerangan foto : Foto bersama guru-guru MAN Kuala Hulu Sumatera Utara.

 

Untuk semua para guru yang ada di Indonesia tercinta ini dari lubuk hati yang paling dalam kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua pengorbanan yang telah bapak dan ibu guru berikan kepada kami para anak bangsa, baik yang bertugas di pedalaman maupun yang ada di perkotaan.

Pengorbanan bapak dan ibu guru yang sangat luar biasa dalam mendidik kami hingga kami bisa meraih segala angan dan citi-cita, bapak dan ibu guru entah kalimat apa yang pantas kami ucapkan untuk dedikasi mu kepada kami semua, dan entah dengan cara apa kami semua membalas segala kebaikan dan pengorbananmu selama ini.

Guruku maafkan kami bila pernah membuatmu luka dengan kata dan segala tingkah laku kami dulu, guruku jika sampai dengan hari ini dunia ini seakan-akan tak berpihak kepadamu maka maafkan kami, mungkin itu semua karena kesalahan kami yang belum maksimal dalam memperjuangkan nasib para guru yang ada di negara yang kami cintai ini.

Bapak dan ibu guru dimanapun Anda berada kami selalu mendoakan yang terbaik bagi Anda, karena tanpa Anda apa artinya kami, tanpa kehadiran Anda mungkin sampai dengan hari ini kami tak bisa baca tulis dan mengerti banyak hal tentang kehidupan ini, guruku terima kasih kuucapkan padamu, semoga apa yang telah bapak dan ibu guru lakukan  kelak akan menjadi ladang amal bagi kehidupan bapak dan ibu guru sehingga bisa mengantarkan bapak dan ibu guru ke dalam syurga. Aamiin….

Salam Belief

@davied_vier

 

Energi Positif -Motivator Indonesia-

Usai sudah Training Wanna Be Trainer 18 yang di selenggarakan oleh Akademi Trainer, namun kenangan 3 hari itu masih membekas di hati saya sampai saat ini karena dalam 3 hari itu ada begitu banyak rasa suka saya rasakan ketika menjadi fasilitator kali ini.

Rasa suka yang saya rasakan adalah saya bisa bertemu dengan para peserta dengan profesi dan latar belakang yang berbeda-beda, kemudian saya juga bisa berjumpa denga kek Jamil Azzaini dan juga temen-temen fasilitator dari berbagai daerah yang tentunya memiliki pengalaman training yang sudah sangat luar biasa.

Terima kasih untuk kek Jamil yang tidak pernah bosan memberikan energi positif untuk saya dan selalu berpesan kepada saya dan juga para fasil yang lain “sebagai trainer kita harus tetap rendah hati agar semakin banyak ilmu yang masuk kedalam diri kita dan apa yang kita sampaikan mudah diterima oleh peserta training”.

Terima kasih juga untuk teman-teman fasilitator yang sangat luar biasa 3 hari kami berkumpul bersama selalu ada tawa dan canda serta saling mendoakan dan juga saling berbagi ilmu tanpa ada rasa khawatir ilmunya bakal berkurang, hal inilah yang selalu saya rindukan ketika menjadi fasilitator.

Kemudian ketika saya menjadi fasil saya juga banyak mendapatkan ilmu dari para peserta yang berasal dari berbagai daerah dan juga dari berbagai profesi, semoga selepas training ini kita semua bisa semakin bertumbuh, baik peserta maupun juga para fasilitator.

Salam Belief,

@davied_vier

 

 

 

 

“Jangan Meletakkan Telur Di Keranjang Yang Sama -Motivator Indonesia-

Di era persaingan bisnis yang sangat luar biasa seperti sekarang ini sebagai bisnis owner kita benar-benar dituntut untuk memiliki strategi-strategi dan juga ide-ide yang luar biasa, karena di jaman sekarang ini konsumen sudah semakin cerdas dan menginginkan sesuatu yang serba cepat dan simple.

Oleh sebab itu menurut saya agar usaha kita terus berkembang kita perlu membuat sesuatu yang berbeda dan sedikit unik, kemudian tentukan produk utama kita, jika pruduk utama kita sudah cukup kuat dan laku di pasar segeralah buat produk-produk baru yang masih berkaitan dengan produk utama Anda.

Sebagai contoh bisnis travel Jakarta – Bandung dulu yang kita tau mereka hanya menagani penumpang saja (produk utama), namun sekarang mereka menerima pengiriman paket barang dan dokumen dari Jakarta-Bandung ataupun sebaliknya (produk baru), produk baru ini ternyata bisa menyokong produk utama mereka, sehingga mereka bisa bertahan sampai dengan hari ini, dan hal ini sesuai dengan istilah “Jangan meletakkan telur dikeranjang yang sama”

Demikian juga di bisnis training kita juga harus menentukan produk utama kita, kemudian buatlah produk – produk baru yang masih berkaitan dengan produk utama kita, sehingga produk baru itu bisa menyokong pruduk utama kita.

Mengapa demikian sebab ketika konsumen sudah percaya dengan kita dan produk kita maka tidak menutup kemungkinan ketika mereka membutuhkan sesuatu mereka akan mencarinya di tempat kita karena mereka enggan mencari di tempat lain dan perlu di ingat juga sekarang sudah eranya “one stop shoping”.

Salam Belief

@davied_vier

Selalu Ada Yang Bisa Di Syukuri -Motivator Indonesia-

Berdasarkan pengalaman saya ketika memberikan training maupun seminar banyak sekali orang -orang, terutama anak muda yang mengeluh karena memiliki orang tua yang hidupnya dalam keterbatasan ekonomi dan hal itulah yang membuat mereka menjadi minder dan tidak memiliki semangat dalam menjalani kehidupan.

Hal itu juga pernah saya rasakan dahulu, saya merasa hidup ini seakan-akan menjadi tak berarti karena setiap keinginan dimasa itu selalu sulit terpenuhi karena keterbatasan yang dimiliki oleh orang tua, dan ternyata karena kondisi tersebut tanpa saya sadari membuat mental saya teruji sehingga sedari dulu ketika saya menginginkan sesuatu saya harus berusaha sendiri dengan berjualan koran, Es, dan bakpao buatan ibu saya dan lain sebagainya

Dan ternyata selalu ada yang bisa kita syukuri ketika kita dilahirkan dari orang tua yang memiliki keterbatasan ekonomi, karena kita masih punya kesempatan untuk membalas dan membahagiakan mereka dan hal ini baru saya tau ketika saya berbincang – bincang santai dengan teman saya yang memang terlahir dari orang tua yang mampu.

Saya tanyakan ke beliau sambil becanda bro enak banget hidup lo mau apa aja tinggal bilang sama nyokap dan bokap lo.. dan dia menjawab enak apaan bro sampe sekarang aja gua masih bingung buat ngebales semua kebaikan orang tua gua, dan saya bertanya kembali kok bingung bro ? dan dia menjawab gimana nggak bingung bro.. gua mau beliin ini dan itu beliau udah punya.

Bahkan gua mau umrohin dia dari uang gaji gua sendiri beliau malah bilang udah uangnya kamu simpen aja buat kebutuhan istri dan anak kamu, papa sama mama sudah beberapa kali umroh kok, bahkan sampai hari ini pun gua masih sering di subsisidi sama mereka, dan teman saya berkata kepada saya, malah enakkan lo kan bro punya kesempatan untuk bahagiain orang tua lo, lo bisa umrohin ortu lo, lo bisa beliin apa yang mereka minta nah sementara gua….?? nggak bisa melakukan itu bro…!!

Salam Belief…

@davied_vier

Persaingan Ketat Bos!! -Motivator Terbaik-

Ketatnya persaingan bisnis saat ini membuat kita wajib memberikan yang terbaik untuk konsumen kita, yang terbaik dalam bentuk kualitas, harga dan tentunya pelayanan, ketika hal itu sudah kita tingkatkan maka hal terpenting berikutnya adalah bagaimana cara kita memasarkan produk-produk kita tersebut.

Disinilah marketing memegang peranan penting karena terjadinya pembelian atas barang dan jasa sangat tergantung dari keahlian seorang tenaga penjual (sales) oleh sebab itu sebagai tenaga penjual wajib memiliki 3 (tiga) peran ini : KONSULTAN, MITRA,PROBLEM SOLVER.

Marketing harus bisa menjadi KONSULTAN bagi kliennya sehingga bisa memberikan masukan-masukan kepada kliennya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh klien tersebut.

Dan marketing pun harus bisa menjadi mitra bagi kliennya menjadi mitra  berarti tidak mencari keuntungan sepihak, yang diharapkan disini adalah klien mendapatkan keuntungan dari produk yang mereka beli dalam bentuk kualitas, harga dll. Begitu juga dengan marketingnya yang akan mendapatkan keuntungan dari produk yang dia jual.

Yang berikutnya marketing harus bisa menjadi PROBLEM SOLVER yang baik sehingga jika terjadi masalah marketing tersebut bisa mencarikan jalan keluar yang baik bagi klien tersebut.

Ketika seorang marketing memiliki ketiga peran tersebut maka kemungkinan besar terjadinya closing akan semakin besar karena dengan sendirinya marketing tersebut akan mendapatkan kepercayaan dari kliennya tersebut, ketika klien sudah percaya maka apapun yang marketing tawarkan kemungkinan klien tersebut akan membeli apa yang kita tawarkan.

Salam… Belief..

@davied_vier

 

Pengalaman Indah di Sumatera Utara -Motivator Terbaik-

Pada tanggal 28-30 Sept  2015 saya diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman untuk temen-temen yang bersekolah di MAN (Madrasah Aliyah Negeri) yang berada di beberapa kota di Sumatera Utara, setibanya  di bandara Kualanamu saya langsung di jemput oleh tim. Dari Kualanamu saya langsung menuju ke daerah Madina kabupaten Mandailing Natal.

Dalam perjalanan saya bertanya pada tim dan juga driver yang mengantarkan saya menuju ke lokasi, yang saya tanyakan berapa lama waktu tempuh kita untuk sampai ke lokasi, uwak pun menjawab kira-kira 12 – 15 jam… dalam hati saya wow jauh sekali perjalanannya, namun hal itu tidak mengurangi niat dan semangat saya untuk berbagi pengalaman buat teman-teman disana, karena untuk saat ini hanya pengalamanlah yang bisa saya bagi buat temen-temen disana .

Dalam perjalanan menuju kesana saya disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa jalanan yang berkelok dengan pemandangan gunung serta hutan, saya pun sempat melewati danau toba dan sempat mampir disana untuk beristirahat dan foto-foto.. he..he.. setelah beristirahat kami pun melanjutkan perjalanan karena jalanan yang berkelok dan ada beberapa bagian jalan yang rusak ban kami pun pecah di tengah malam he..he..

Kami pun berhenti sebentar untuk mengganti ban, setelah selesai kami melanjutkan perjalanan kembali, dan ketika menjelang pagi kira-kira jam 3 ban kami pun pecah kembali.. dalam hati ya Allah sudah nggak ada ban serep lagi dan posisinya dijalan yang sepi dan gelap, akhirnya kami pun sepakat untuk meminggirkan mobil dan tidur di mobil sambil menunggu pagi.

Pagi pun hadir dan kami pun memutuskan melanjutkan perjalanan dengan menyewa angkot he..he.. dari tempat kami berhenti menuju ke MAN yang berada di Madina sekitar 1,5 jam lagi, singkat cerita kami pun sampai di penginapan dan kami istirahat sebentar setelah itu kami menuju ke lokasi, sesampainya di lokasi saya pun diperkenalkan dengan bapak kepala sekolah yang sangat ramah.

Setelah berbincang-bincang sebentar saya pun di ajak oleh bapak kepala sekolah ke sebuah mesjid dan ternyata disana sudah menunggu sekitar 500 – 700 orang murid MAN saya pun sedikit kaget haaaaa banyak amat muridnya he..he.. dan alhamdulillah temen-temen di MAN Madina sangat luar biasa mereka begitu antusias dan sangat luar biasa sehingga rasa letih saya terbayarkan semua, semoga temen-temen di MAN Madina bisa meraih semua yang di cita-citakan.. Aamiin

Selesai dari MAN Madina kami pun langsung bergegas menuju MAN Kualuh Hulu dengan menempuh perjalanan kurang lebih 10 jam tanpa menggunakan ban serep karena ketika di Madina kami hanya membeli 1 buah ban saja he..he.. dan Alhamdulillah kami tiba di penginapan dengan selamat dan kami pun langsung istirahat karena besok pagi harus berbagi dengan teman-teman di MAN Kualuh Hulu.

Pagi pun tiba saya dan tim bergegas menuju Kualuh Hulu kami pun di sambut oleh ibu kepala sekolah yang sangat baik, kami dan tim disediakan sarapan lontong medan, selesai sarapan saya pun bergegas menuju aula yang disediakan dan acara pun dimulai saya pun senang melihat antusiasme para murid dan juga guru-guru yang ikut di dalam kelas, sehingga rasa letih dan rindu akan rumah pun terbayarkan.

Setelah selasai kami pun melanjutkan ke satu sekolah lagi yaitu di MAN 50 dan lanjut ke kualanamu untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta dalam perjalanan pulang saya pun berdoa dalam hati semoga temen-temen yang sekolah di MAN daerah Sumatera Utara bisa meraih semua cita-citanya, dan untuk para guru yang bertugas di daerah semoga diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan tugas.

 

 

Jakarta,Balikpapan, Samarinda, Bontang -Motivator Terbaik-

Pada tanggal 5 Agustus 2015 saya mendapatkan jadwal training di daerah Kalimantan Timur tepatnya di kota Samarinda ini kali kedua saya mengisi training untuk dokter, karyawan/ti RSUD AW. Syahrani. Karena trainingnya tanggal 5 maka seperti biasa saya datang satu hari sebelum pelaksanaan bersama tim saya, agar saya bisa punya banyak waktu mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan training.

Saya dan tim berangkat tanggal 4 pagi dan sampe di Balikpapan siang hari, sesampainya di Balikpapan kami melanjutkan perjalanan darat menuju Samarinda dengan melewati jalan yang berkelok-kelok yang di kelilingi pohon-pohon besar, sepenjang perjalanan saya merasakan sesuatu yang luar biasa, pemandangan di jalan tersebut membuat saya fresh, maklum biasa menghadapi kemacetan yang luar biasa.

Untuk keberangkatan kali ini kami bukan hanya ke Samarinda saja karena tgl 7 Agustus 2015 kami ada janji untuk berkunjung ke PT. Pupuk Kaltim yang berada di Bontang, jadi selepas mengisi training di RS. AW Syahrani kami pun berangkat menuju Bontang kota yang baru pertama kali saya kunjungi he..he..

Perjalanan dari Samarinda menuju Bontang kira 2,5 jam dan melalui jalan yang luar biasa berliku, sepanjang perjalanan saya berfikir luar biasa luas ya Indonesia tercinta ini, sesampainya di Bontang saya merasakan suatu ketenangan yang luar biasa, karena memang kotanya tidak terlalu ramai sehingga nyaman sekali buat kita melepas kepenatan.

Sesampai disana kami pun menuju hotel di dekat PT. Pupuk Kaltim, hotelnya pun sepi sekali dan kamarnya berbentuk bungalow sehingga sangat nyaman buat beristirahat, setelah istirhat pagi pun menghampiri dan kami bergegas menuju tempat pertemuan, dan akhirnya pertemuan pun terlaksana dan alhamdulillah responnya cukup baik dan mudah-mudahan hasilnya nanti sesuai dengan yang kami harapkan…. Aamiin

Alhamdulillah dan Bismillah -Motivator Terbaik-

Pada tanggal 5 Agustus 2015 ini saya berkesempatan untuk memberikan training untuk dokter dan karyawan/ti RSUD AW. Syahrani Samarinda, kedatangan saya ke RSUD ini adalah yang kedua kalinya dan training kali ini dihadiri oleh peserta yang berbeda dari angkatan sebelumnya untuk angkatan kali ini usia pesertanya relatif lebih muda.

Alhamdulillah trainingnya berjalan dengan lancar dan penuh dengan gairah dari peserta, semoga materi yang saya sampaikan bisa memberi dampak yang baik bagi para peserta sehingga bisa bermanfaat untuk kemajuan RSUD AW. Syahrani Samarinda, setelah selesai training biasanya saya dan tim kembali ke Jakarta namun untuk kali ini saya tidak langsung kembali ke Jakarta karena hari senin 7 Agustus 2015 saya ada jadwal presentasi di Pupuk Kaltim Bontang.

Perjalanan Samarinda -Bontang melalui jalan darat yang kira-kira memerlukan waktu tempuh 2-3 jam, maka saya putuskan untuk berangkat hari minggu dari Samarinda dan insya Allah akan bermalam di Bontang, selama berprofesi sebagai trainer saya banyak mengunjungi kota-kota yang ada di Indonesia namun untuk kota Bontang baru kali ini akan saya kunjungi pastinya saya sangat antusian mengunjungi kota tersebut.

Karena saya yakin setiap kota di Indonesia pasti memiliki keunikannya sendiri-sendiri dan yang pasti memiliki wisata kuliner yang berbeda-beda he..he.. dan yang membuat saya lebih antusias adalah peluang untuk bisa silahturahmi dan meeting bersama Pupuk Kaltim, semoga saja pertamuan nanti membawa keberkahan bagi kami semua.. Aamiin..

Milikilah Impian -Motivator Terbaik-

Kemarin tanggal 26 – 05 – 2015 ketika saya mengantarkan istri saya presentasi di klinik kecantikan di daerah Duren Sawit Jakarta Timur, saya menyempatkan diri untuk mampir ke daerah dimana dulu saya pernah tinggal, tepatnya di Gang Guru Singa Jl. H. Miran Pondok Kelapa Jakarta Timur, ya di daerah itu saya banyak memiliki kenangan dengan teman-teman masa kecil dulu.

Sudah hampir 10 tahun saya tidak mengunjungi tempat itu dan ketika saya berkunjung kesana ada perasaan suka dan juga duka yang saya dapatkan, perasaan sukanya adalah saya bisa berjumpa dengan teman-teman lama sehingga bisa bercerita kembali kenangan masa kecil dulu, dan perasaan dukanya adalah ada beberapa teman saya yang sudah di panggil lebih dulu oleh Tuhan.

Kurang lebih 1 jam saya berada disana dan teman-teman saya menceritakan masa kecil saya dulu yang sering bawa-bawa ember dan sapu lidi untuk menawarkan jasa membersihakan kuburan di TPU Pondok kelapa, bahkan salah satu teman saya ada yang nyeletuk bilang, begini pantesan lo sekarang hidupnya jauh lebih baik dari kita-kita yang disini yang jadi pengangguran, karena dari kecil lo udah mau kerja dan nggak malu ngelakuin kerjaan kayak gitu saya hanya tersenyum aja mendengar celotehan temen-temen saya.

Di selah-selah pembicaraan tersebut saya pun bilang ke mereka, ” lo inget nggak dulu gua sering bilang suatu saat gua akan punya mobil,rumah dan kerjaan yang oke, malahan lo semua kan yang sering bilang jangan mimpi lo!!, inget kita asalnya darimana, siapa orang tua kita”. Pada saat itu saya sempat menyetujui apa yang mereka katakan, namun pada akhirnya saya pun berfikir dan bertanya dalam hati, apa salah orang punya impian ? dan alhamdulillah saya nggak pernah berhenti bermimpi dan sekarang alhamdulillah mimpi-mimpi itu jadi kenyataan. Pelajaran yang bisa saya ambil pada pertemuan itu adalah yang pertama rasa syukur saya terhadap Tuhan semakin bertambah dan yang kedua jangan takut untuk memiliki impian.

 

@davied_vier

Kerja Nyata Donk!! by Davied Vierronieca -Motivator Jakarta-

Saat ini yang dibutuhkan Indonesia adalah orang-orang yang memiliki kerja nyata atas kebijakan-kebijakan pemerintah baik pemerintah pusat atau pemerintah daerah,yang mungkin sampai dengan hari ini ada yg tidak sesuai dengan keinginan kita atau bertentangan dengan keyakinan kita.
Indonesia tidak butuh penghujat yang hanya berkoar-koar di status FB dan media sosial lainnya yg cenderung provokatif dan terlihat tidak mendidik sehingga menimbulkan berbagai opini tanpa memberikan solusi dan hanya bicara liat saja nanti.
Jika Anda tidak suka dengan kebijakan pemerintah maka berikan solusi, salah satunya seperti yg di lakukan oleh Uni Fahira Idris dengan GENAM (Gerakan Anti Miras) gerakan ini di dasari atas maraknya peredaran miras di mini market dan warung-warung kecil.
Kemudian kita perlu mencontoh apa yg dilakukan oleh Bpk. Anies Baswedan sebelum di angkat menjadi menteri beliau membuat gerakan Indonesia Mengajar, dengan mengirimkan anak-anak muda untuk berbagi ilmu di daerah pedalaman negara tericinta ini, dengan program “Pengajar Muda” dan juga “Kelas Inspirasi”
Kemudian kita juga perlu mencontoh apa yg dilakukan Bpk. Jamil Azzaini dengan program SuksesMulia nya, beliau bercita-cita agar anak bangsa di negara tercinta ini bisa SuksesMulia, dengan memberikan training2 sosialnya dan juga pesantren wira usahanya yg diperuntukkan bagi masyarakat yg tidak mampu, dengan tidak memungut biaya dari para santrinya.
Mungkin masih banyak lagi orang-orang hebat di negeri tercinta ini yang turun tangan langsung untuk kemajuan negeri yang sama-sama kita cintai namun tidak kita ketahui, saya menaruh rasa hormat kepada mereka yg sudah turun tangan langsung untuk negeri tercinta ini.
Semoga apa yg sudah mereka lakukan bisa menjadi pelajaran bagi kita semua termasuk diri saya sendiri, mari kita berikan yg terbaik untuk negeri ini daripada hanya berkoar-koar melalui status FB atau media sosial lainnya tanpa ada solusi bagi negeri ini dan belum melakukan sesuatu yg berarti untuk negeri tercinta ini.

 

Istriku.. by Davied Vierronieca -Motivator Jakarta-

Istriku, terima kasih engkau telah memilihku menjadi pendamping hidupmu disaat kita memulai semuanya dari NOL

Istriku, dan hari ini kita begitu mensyukuri kendaraan yang kita miliki, yang dengan kendaraan itu kita tidak terkena  terik sinar matahari dan tetesan air hujan secara langsung, karena dulu kita pernah merasakan panas dan hujan dengan sepeda motor  kita

Istriku, dan hari ini kita begitu mensyukuri tempat tidur kita yang ada “per” nya, karena dulu kita pernah merasakan tidur bersama di atas sebuah kasur busa yang kecil

Istriku, dan hari ini betapa bersyukurnya kita, bisa memiliki rumah pribadi, karena dulu kita pernah tinggal di rumah kontrakkan yang setiap jatuh tempo pembayarannya, kita selalu keluar keringat dingin he..he..

Istriku, betapa beruntungnya aku bisa memiliki dirimu yang begitu mencintaiku dan mau mendampingiku di saat-saat perjuangan menuju kehidupan yang lebih baik..

Istriku I love You… #selamathariibu

@davied_vier

Berapa Harga anakmu ? By Davied Vierronieca

Sebagai orang tua yang normal tentunya kita akan menjawab tidak ternilai dengan uang apabila kita diberikan pertanyaan, Berapa harga anakmu? ya saya pun pasti akan menjawab demikian jika mendapatkan pertanyaan seperti itu.

Namun pada kenyataannya terkadang jawaban kita atas pertanyaan tersebut sangat berbeda dalam kehidupan yang nyata, kenapa demikian?  ya terkadang dalam kehidkupan kita sehari-hari justru harga anak kita jauh lebih murah dari guci yang dia pecahkan ketika dia sedang bermain, betapa sering kita sebagai orang tua memarahi sehingga dapat melukai hati dan perasaan anak kita.

Terkadang harga anak kita harganya jauh lebih murah dari piring yang pecah ketika anak kita memecahkannya saat dia sedang membantu kita mencuci piring, kita sering memarahi dengan nada yang tinggi dan mata melotot yang tanpa kita sadari sudah membuat mentalnya menjadi kacau akibat kita.

Terkadang harga anak kita jauh lebih murah dari facebook, twitter ataupu media sosial lainnya, kita sebagai orang tua lebih sering mementingkan media sosial ketimbang mendengarkan cerita anak kita selama dia berada di sekolah, tanpa kita sadari kita sebagai orang tua sudah mengabaikan betapa penting dan berharganya anak kita dibandingkan barang-barang ataupun media sosial yang terkadang lebih kita utamakan dari anak kita.

Sebagai orang tua mungkin kita tidak sadar bahwa barang-barang dan media sosial itu tidak akan berharga ketika kita kelak kembali kepada Sang Pencipta barang-barang dan media sosila tersebut takkan membantu kita ketika kita berjumpa oleh Tuhan kita, justru anak kita yang terkadang sering kita nomor duakanlah yang akan membantu kita ketika kita sudah berjumpa dengan Tuhan kita.

Doa anak – anak kitalah yang akan meringankan kita kelak di alam sana, maka jaga dan peliharalah anak kita sebaik-baiknya karena anak kita adalah investasi kita sebagai orang tua, jangan rendahkan harganya untuk hal-hal yang tidak terlalu penting bagi kita.

Twitter @davied_vier

Keajaiban Sedekah By Davied Vierronieca

Allah telah mengungkapkan dalam surat Al-Baqarah ayat 261, “Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir; pada tiap-tiap bulir, terdapat seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas Karunia-Nya lagi maha mengetahui.

Janji-Nya begitu nyata. Siapapun yang bersedekah, tidak akan pernah miskin. Ia menjadi kaya. bersedekah adalah anomali dari segala perhitungan dunia. Bahkan, Rasulullah Saw bersabda, “Turunkanlah rezekimu dari Allah dengan mengeluarkan sedekah.” (HR. Al-Baihaqi)

Pertanyaannya adalah mengapa Allah dan Rasul-Nya memberikan anugerah yang demikian besar kepada orang-orang yang tidak pelit dan yang tidak “hitung-hitungan”? dalam berbagai kegiatan biasanya kita memakai rumus yang linear. Jika ada dua jeruk lalu kita memberikan satu untuk tetangga, berarti kita tinggal mempunyai satu yang nampak oleh mata memang begitu, tetapi kenyataannya yang terjadi tidaklah demikian.

Kita memang kehilangan satu jeruk. namun keesokan harinya ada saja kemudahan-kemudahan yang diberikan Allah Swt untuk kita tiba-tiba ada proyek baru yang nilainya luar biasa. Di sinilah letak keajaibannya. setiap kita mengeluarkan sesuatu dengan tulus, dalam sekejab kita akan memperoleh gantinya, sudah banyak orang yang membuktikannya.

Yang harus kita yakini adalah ketika kita mengeluarkan uang untuk memakmurkan masjid, kita mengerahkan tenaga untuk berdakwah. Maka lakukan kegiatan-kegiatan itu dengan cara yang baik, lalu lupakan, masalah nanti akan diganti atau tidak itu bukan urusan kita biarkan itu menjadi urusan Allah Swt.

Follow My Twitter @davied_vier

Di Tampar Anak Sendiri

pada tanggal 06 Juli 2014 saya dan tim Akademi Trainer mendapatkan kesempatan memberikan seminar bertema Ramadhan With Move ON untuk pegawai Pegadaian, dan pada seminar hari ini pesertanya dari berbagai macam jabatan yang berjumlah sekitar 100 orang lebih dan juga ada beberapa direksi yang hadir pada seminar tersebut.

Dan Alhamdulillah setelah selesai menyampaikan materi ada salah satu direktur dari Pegadaian menghampiri kami sambil berkata terima kasih mas materi yang disampaikan luar biasa dan semoga bisa bermanfaat untuk pegawai kami. Kami pun menjawab Alhamdulillah pak semoga apa yang barusan kami sampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Setelah selesai mengisi seminar kami pun pulang dan sebelum pulang ke rumah, saya  menuju ke mall kelapa gading karena ada sedikit keperluan. Dan ketika berada di daerah kelapa gading saya mampir ke rumah makan khas Lombok untuk membeli makanan buat berbuka puasa, kebetulan saya dan istri suka sekali dengan ayam taliwang dan saya pun membeli ayam taliwang 2 ekor, 1 ekor buat saya dan istri, 1 ekornya lagi untuk anak saya setelah membeli saya pun kembali ke rumah.

Dan setibanya di rumah saya pun menyerahkan bungkusan tersebut kepada istri saya agar di hidangkan nanti pada saat berbuka puasa, waktu pun berlalu dan tibalah waktunya berbuka puasa, kami sekeluarga pun duduk di meja makan sambil memandang aneka makanan dan minuman yang siap kami nikmati dimana ada ayam taliwang 2 ekor dan es kelapa yang sangat menggoda, dan ketika saya hendak menikmati makanan untuk berbuka tiba-tiba anak saya Izza mengatakan sesuatu yang membuat saya terdiam, yang dikatakan Izza adalah waaah makanannya banyak sekali ayah yummy… kemudian Izza melanjutkan pembicaraannya dengan mengatakan ayah.. ayah.. kira-kira mbah Kung sama mbah Uti hari ini buka puasanya sama kayak kita nggak?

Pertanyaan yang membuat saya seperti ditampar, seketika itu saya langsung terbayang wajah kedua orang tua saya yang rambutnya sudah tak sehitam dulu dan kulitnya yang tak sehalus dulu lagi yang mungkin pada saat yang sama sedang berada di meja makan namun dengan menu yang berbeda, saya pun tak kuasa menahan air mata sambil memeluk Izza dan berkata terima kasih sayang, kamu sudah ngingetin ayah, ayah mungkin selama ini lupa dengan mbah Kung dan mbah Uti (orang tua saya) disaat sedang menikmati makanan yang enak.

Ya Allah maafkan kami yang sedikit lupa dengan orang tua yang dulu rela menahan lapar untuk kami anak-anaknya, bahkan kedua orang tua kami dulu ketika menghadiri sebuah acara mereka rela membungkus makanan untuk kami anak-anaknya. Sekali lagi maafkan kami ya Rob…

Follow me @davied_vier

Fanatisme..

Beberapa minggu ini miris banget kalau liat time line di media sosial twitter atau facebook, karena hampir sebagian besar isinya saling menghujat pasangan capres, dan saling menampilkan beberapa link tentang pemberitaan yang cenderung negatif dimana pemberitaannya memang bertujuan untuk melemahkan salah satu cawapres tertentu.

Dan yang membuat saya heran adalah kenapa sebelum menampilkan link itu, mereka tidak memikirkan terlebih dahulu apa motiv dibalik pemberitaan ini, bukan justru langsung di share di laman media sosialnya, memang itu adalah hak mereka namun menurut saya terlihat kurang pas saja.

Bahkan ketika saya memperhatikan beberapa komentar di laman media sosialnya tak sedikit yang akhirnya berselisih sesama temannya.. hmmm… akibat fanatisme yang berlebihan terhadap individu atau kelompok ternyata bisa berdampak negatif bagi kita..

Sudah saatnya kita mengedepankan logika dan hati saat menghadapi yang namanya fanatisme karena jika terus berlanjut akan merugikan diri kita sendiri sebab fanatisme terhadap figur atau golongan tertentu bisa mengorbankan logika kita, membutakan mata hati dan membunuh pertemanan atau persahabatan.

Sahabat, dalam hidup ini kita bebas menentukan pilihan, maka mari sama-sama kita hargai pilihan masing-masing daripada saling menghujat lebih baik kita bertanya pada diri kita sendiri, kira-kira apa yang sudah kita berikan untuk negeri tercinta ini.

Salam Belief..

Follow My Twitter @davied_vier

Pembelajar Sejati

Pada tanggal 26 Mei 2014 saya pribadi mendapatkan kesempatan yang sangat luar biasa dimana saya dan beberapa sahabat saya dilibatkan dalam kegiatan dari tim Akademi Trainer untuk membantu Pak Jamil dalam penyelenggaraan Training For Trainer untuk trainer – trainer Toyota, seperti biasanya satu hari sebelum acara training dimulai kami pun berkumpul di hotel yang tidak terlalu jauh dari lokasi training.

Kami pun brefing pada malam hari agar rencana esok bisa terlaksana dengan baik, ketika brefing pun suasana sudah sangat bersahabat sekali dimana kami saling melapaskan tawa dan canda, ketika pak Jamil menyampaikan beberapa pokok bahasan tentang materi yang akan disampaikan esok dan karakteristik peserta kami semua mengamatinya dengan serius dan diantara teman-teman saya yang lain ada Mas Andra, Mas Fay, Pak Zulfikar, Mas Nyonyorino, mas Dedi, mas Dani, Kang Boni, Mbak Weni, mbak Alia, kenapa saya memanggil mereka mas dan mbak karena diantara mereka semua saya lah yang usianya paling muda… he..he..

Kami pun mengikuti brefing itu dengan penuh semangat karena kami mendapatkan banyak ilmu baru dalam dunia training dan juga ilmu kehidupan dari pak Jamil, dan yang membuat saya senang adalah kami semua yang terlibat di dalam tim selalu saling support dan saling berbagi ilmu tidak ada diantara kami yang merasa paling hebat, karena kami semua adalah PEMBELAJAR SEJATI yang ingin belajar dari siapapun.

Karena niat sebagai pembelajar itulah yang membuat kami semua datang ke tempat training bukan sebagai pengajar tetapi sebagai pembelajar yang sama-sama ingin belajar dari para peserta, dan alhamdulillah karena niat itu dan juga dedikasi dari para tim Akademi Trainer acara trainingnya menjadi luar biasa dan seluruh peserta mendapatkan kepuasan dan juga manfaat dari training tersebut….

IMG-20140525-WA017

keterangan  foto: pada saat brefing malam hari di hotel

IMG-20140526-WA001

Keterangan Foto : Brefing pagi di lokasi training MM2100 Toyota Learning Center

IMG-20140526-WA004

Keterangan Foto : Ritual sebelum acara training dimulai kami selalu foto bersama, Nyonyorino, Boni, Fay, Jamil Azzaini, Andra, Zulfikar, Davied

IMG-20140526-WA027

Keterangan Foto : Selesai training kami foto bersama dengan para peserta Training For Trainer Toyota…

 

 

 

Terima Kasih Istriku

Tepat pada tanggal ini 7 Mei adalah hari dimana saya dan istri merasakan kebahagiaan yang luar biasa, karena pada tanggal itu kami melakukan sebuah janji yang suci di hadapan penghulu dan kedua orang tua kami, dan ketika sebuah janji itu kami ucapkan tetesan airmata dari kedua orang tua kami pun ikut membawa suasana semakin terasa luar biasa.

Dan di hari ini saya ingin mengucapkan terima kasih untuk istri saya tercinta Siti Rohmaya (Maya)

Istriku terima kasih karena selama ini engkau dengan sabar menuntunku untuk menjadi lebih baik di bandingkan dulu saat pertama kali kita bertemu, seandainya Allah tidak mempertemukan kita mungkin aku tidak akan seperti sekarang ini.

Istriku terima kasih dengan segala kecerewetan mu akhirnya aku bisa mewujudkan impian-impian yang dulu kayaknya sulit untuk aku raih dan alhamdulillah berkat dukunganmu dan ridho dari Allah dan juga ibu kita semuanya bisa menjadi kenyataan sampai dengan hari ini.

Terima kasih istriku tanpamu mungkin aku akan menemui kesulitan di dalam mengarungi kehidupan ini karena dengan hadirnya engkau disisiku aku bisa berbagi kebahagiaan dan juga berbagi kesulitan.

Terima kasih istriku atas kesabaranmu dalam mendukung karierku meskipun engkau tau terkadang cintaku masih sering terbagi untuk ibuku namun engkau tetap sabar dan semakin mencintaiku dan juga ibuku.

Istriku terima kasih karena kesabaranmu mendampingiku dalam keadaan sulit sekalipun engkau masih memberikan senyum yang indah, istriku maafkan aku jika sampai dengan hari ini masih belum bisa mewujudkan sebagian mimpi-mimpi kecilmu.

Istriku hari ini aku semakin yakin dengan kata-kata ini “Di balik kesuksesan seroang pria selalu ada dua wanita hebat dibelakangnya, yaitu Ibu dan juga istrinya” semoga di hari jadi pernikahan kita ini kita bisa sama – sama saling mendukung untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dihadapan Allah dan juga manusia….. I love you Istriku…

 

IMG00632-20110611-1552

Keterangan: Foto Pernikahan kami yang dihadiri oleh sahabat-sahabat kami

Cerdas Emosi Itu Penting

Banyak orang berkata bahwa untuk menjadi orang yang sukses itu nggak cukup hanya modal kepandaian secara akademik, tetapi juga perlu kecerdasan emosi dalam hal ini kecerdasan tentang bagaimana kita bisa memahami perasaan orang lain (berbicara santun dan tidak menyakiti perasaan orang lain dengan kata – kata ataupun tingkah laku kita) dan bisa menerima saran dari orang lain. Kecerdasan emosi ini mungkin tidak kita dapatkan ketika kita berada di bangku sekolah ataupun di bangku kuliah kalaupun ada mungkin kita sedikit menerima pelajaran tentang hal itu.

Namun jangan berkecil hati sebab kecerdasan Emosi ini bisa kita dapatkan melalui luasnya pergaulan kita dan dengan siapa kita bergaul, maka ketika kita bergaul kita juga harus pandai – pandai memilih teman atau lingkungan karena tanpa kita sadari teman ataupun lingkungan bisa membentuk karakter kita, akan sangat berbahaya sekali kalau karakter kita adalah orang yang keras hati, yang sulit mengerti perasaan orang lain dan selalu menganggap hal yang kita lakukan adalah benar, kemudian sulit menerima masukkan atau saran dari orang lain.

Saya dulu pernah memiliki pengalaman salah bergaul, karena teman-teman dan lingkungan saya adalah orang – orang yang merasa apapun yang mereka lakukan adalah yang paling baik dan benar. Sehingga jika ada yang menegur atau menasehati jawaban yang selalu keluar dari mulut teman – teman saya adalah “lo kayak yang paling bener aja, pake nasehatin gua” hal itu ternyata terbawa dalam diri saya sehingga ketika saya mendapatkan nasehat dari orang lain jawaban yang keluar pun sama seperti jawaban teman – teman saya.

Lama kelamaan saya pun menyadari bahwa hal itu salah dan akan menghambat masa depan saya, akhirnya saya memutuskan keluar dari lingkungan itu dan mencari lingkungan yang baru dan yang lebih baik tentunya. Dan saya pun mendapatkan lingkungan yang positif, dan sangat luar biasanya itu ketika saya berkumpul dengan lingkungan yang positif, saya pun ikut terbawa memiliki kebiasaan – kebiasaan yang positif, saya menjadi pribadi yang mau menerima saran atau masukan dari orang lain meskipun terasa sakit dan nggak enak didengar telinga, saya pun menjadi lebih peduli dengan perasaan orang lain, dan karena pergaulan yang positif itupun saya menjadi lebih peka terhadap situasi dan kondisi yang sedang di hadapi oleh orang lain.

Dan alhamdulillah berkat keberanian untuk meninggalkan lingkungan yang kurang baik itu, banyak impian saya yang satu per satu sudah mulai terwujud, maka jika ingin impian – impian kita bisa terwujud milikilah kecerdasan emosi sebagai penunjang kecerdasan akademik kita, jadilah pribadi yang peka terhadap perasaan orang lain dan berlapang dada untuk menerima saran ataupun kritikan….

Salam Penuh Keyakinan

@davied_vier

“MERASA”

Akhir – akhir ini banyak orang atau mungkin kita sendiri yang sudah “Merasa” hebat, paling pinter, paling benar, di Zholimi, padahal apa yang mereka atau kita rasakan itu pada kenyataannya belum tentu benar karena mereka atau kita hanya “Merasa”. Dan rasa yang timbul itu sebetulnya hanya ada di pikiran kita sendiri sehingga bisa jadi bersifat subyektif.

Ketika kita sudah “Merasa” hebat dibidang kita hal itu membuat kita “Merasa” tidak perlu berlatih dan menerima nasehat dari orang yang lebih berpengalaman dan pada akhirnya kariernya stagnan karena kita tidak menyadari bahwa diluar sana itu perubahannya begitu dahsyat, dan yang lebih bahaya lagi apabila kita itu “Merasa” paling pinter maka kita akan menganggap belajar itu sudah tidak penting lagi, padahal yang namanya ilmu itu terus berkembang.

Dan hati – hati juga kalau kita sudah “Merasa” diri kita paling benar maka kita akan sulit sekali untuk disalahkan, jika segala sesuatu berjalan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, maka kita akan menganggap orang lain dan keadaanlah yang salah. Dan pada akhirnya sulit menerima kenyataan bahwa sebetulnya diri kita lah yang salah jika seperti ini akan sulit bagi kita untuk melihat kedalam diri kita dan melihat kesalahan kita, padahal jika ingin berhasil dalam bidang apapun kita harus berani melihat kesalahan yang ada pada diri kita.

Kemudian hati – hati jika kita “Merasa” di Zholimi padahal belum tentu orang atau perusahaan kita itu menzholimi kita, bisa jadi itu hanya dari sudut pandang kita yang sempit atau kita sendiri “Merasa” diperlakukan tidak adil sehingga kita mengambil kesimpulan bahwa perusahaan atau orang itu berbuat zholim dengan kita dan yang bahayanya lagi padahal baru “Merasa” terkadang kita sudah langsung menghakimi dan akhirnya mengeluarkan sumpah serapah untuk perusahaan atau orang tersebut dengan alasan doa orang-orang yang di zholimi itu makbul he..he..

Maka hati – hati dengan kata-kata “Merasa” karena hal itu belum tentulah benar, jika ingin obyektif maka biarkanlah orang yang menilai kalau kita itu benar-benar hebat, benar-benar pintar, benar – benar di zholimi, namun kalaupun penilaian orang itu memang benar dengan apa yang kita rasakan maka jangan lantas sombong tetaplah membumi dan menganut ilmu padi semakin berisi semakin menunduk…

IMG_3365
Ini juga bagian dari “Merasa”. Merasa jadi bos padahal belum jadi bos he..he..

 

Kualitas Saja Tidak Cukup

Pada hari minggu tepatnya tanggal 23 Februari 2014 alhamdulillah sekali saya diberikan kesempatan untuk berpartisipasi di acara #BringItOn yang diselenggarakan oleh akademi trainer pimpinan guru kehidupan saya bapak Jamil Azzaini. pada hari itu saya diberikan kesempatan untuk tampil membawakan materi ON selama kurang lebih 15 menit berhubung materi ON ini ada beberapa bagian diantaranya Vision, Action, Pasion dan kolaborasion.

Maka untuk membawakan ke empat materi inti tersebut dipilihlah beberapa trainer yang tergabung di dalam akademi trainer dan salah satu diantaranya saya yang terpilih untuk membawakan Action, sahabat saya pak Zul membawakan Vision, dan sahabat muda saya Brili membawakan pasion kemudian juara kompetisi ON tahun lalu pak Alif membawakan Kolaborasion, sebelum lupa ada satu lagi sahabat saya yang lucu dan polos yaitu mas Dinar yang mengiringi kami sebelum membawakan materi ON dan acara tersebut dipandu oleh lead fasil yang sudah sangat berpengalaman yaitu mas Andra.

Ketika pagi hari berangkat dari rumah pikiran saya sudah bercampur aduk karena terus terang ini pengalaman pertama saya tampil di depan temen – temen trainer hebat dan sangat luar biasa yang berskala nasional dan juga internasional diantaranya ada juara – juara TBNC (Trainer BootCamp & Contest) yang datang pada hari itu, diantaranya kang Asep, Tonny Yansen, dan juga Andra kemudian yang semakin membuat saya gelisah adalah harus tampil di depan pak Jamil Azzaini, sepanjang jalan saya mencoba meyakinkan diri sendiri bahwa saya pasti bisa dan seraya berkata dengan diri sendiri “Ayo Davied kamu bisa kamu kan sudah terbiasa mengisi training dengan berbagai macam latar belakang peserta, dari mulai kalangan bawah samapai kalangan atas” kata – kata dalam hati itu yang terus keluar dalam hati saya.

Sesampainya di Gedung Balai Kartini perasaan itu semakin nggak karuan beberapa kali saya menarik nafas panjang, agar tidak terlalu grogi dan mencoba bersendagurau dengan teman – teman trainer yang lain, akhirnya waktu untuk tampil pun tiba ketika nama saya dipanggil oleh pak Zul untuk menyampaikan materi Action dengkul saya sudah berasa mau copot di lima menit pertama saya masih merasa grosgi dan setelah itu Alhamdulillah semua berjalan lancar meskipun ada beberapa hal yang lupa saya sampaikan karena masih ada sedikit rasa dek-dekan he..he..

Kesempatan untuk tampil di depan temen-temen trainer ini memang sangat langkah menurut saya karena kalau bicara kualitas, kualitas saya masih kalah jauh dibandingkan dengan teman-teman yang lain, dan dalam perjalanan pulang saya pun berfikir ternyata untuk mendapatkan kesempatan dibidang apapun itu, yang diperlukan bukan hanya kualitas tapi juga loyalitas, integritas dan attitude kita, dan saya selalu ingat pesan pak Jamil, mas “ENERGI” itu nggak bisa hilang dia hanya akan berubah bentuk, kebaikan yang kita dapatkan hari ini adalah hasil kebaikan kita dimasa lalu. Terima kasih kek Jamil atas segala kesempatan dan juga ilmu – ilmu kehidupan yang sudah kek Jamil berikan kepada saya.

@davied_vier

4 Hari Tak Terlupakan

Pada tanggal 13-16 Februari 2014 adalah hari-hari yang sangat indah menurut saya dimana pada hari dan tanggal itu saya diberikan kepeercayaan oleh guru kehidupan saya bapak Jamil Azzaini untuk membantu beliau menjadi salah satu fasilitator WBT 12, dan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para peserta yang sangat luar biasa akhirnya kami pun di kumpulkan di Rumah makan handayani pada tanggal 13 untuk membahas apa saja yang akan kami lakukan dari mulai tanggal 14-16.

Ketika hadir di Rumah makan Handayani saya pun datangnya terlambat sekitar 15 menit dan setibanya disana saya pun sudah disambut oleh rekan – rekan fasil yang lain yang jumlahnya ada 14 orang termasuk sang maestro kehidupan Kek Jamil Azzaini dan beberapa staff dari Akademi Trainer salah satunya wanita yang sangat militan dalam menyelesaikan tanggung jawab pekerjaannya yaitu mbak Weni, dan akhirnya brefing pun dimulai kami mulai mendengarkan alur acara yang disampaikan oleh Kek Jamil kamu pun menyimak dengan baik, meskipun sesekali pak Jamil menyisipkan candaan dalam setiap penjelasan yang diberikan sehingga suasana menjadi ceriah, sesekali kami pun menikmati makanan kecil yang sudah disiapkan, dan akhirnya Kek Jamil pun berpesan sahabat-sahabatku para trainer berikan yang terbaik untuk peserta, kita disini sama-sama untuk belajar, pesan yang sangat makjleb banget (ngena banget).

Kata-Kata yang sangat luar biasa itu membuat kami para fasilitator semakin semangat untuk memberikan yang terbaik dan melepaskan  segala ego dan atribut kami yang selama ini kami banggakan diluar sana, karena ke 15 Fasilitator yang datang adalah orang yang sangat luar biasa dengan berbagai macam profesi yang digelutinya.

Dan yang saya sangat salutkan adalah ditengah kehebatan mereka dengan berbagai macam profesi dan kesuksesan baik dalam karier dan rumah tangga mereka tetap rendah hati dan mau saling berbagi ilmu tentang kehidupan, sungguh selama 3 hari ini saya pribadi mendapatkan banyak ilmu dari peserta WBT dan juga teman-teman fasilitator, saya belajar banyak tentang kesabaran dan kesetiaan terhadap istri dari sahabat satu kamar saya mas Dony yang asalnya sama dengan tempat dimana saya dilahirkan yaitu kota Surabaya, dari mas Arif saya belajar banyak tentang kesantunan, dari mas Heri saya belajar bagaimana tetap tersenyum dal menjalani kehidupan, dari pak Alif saya belajar tentang integritas, dari om Ben saya belajar tentang semangat hidup, dari Rain saya belajar tentang kedisiplinan, dari bu Dini saya belajar tentang totalitas dalam menjalani tanggung jawab, dari bu Kastini saya belajar tentang kerapihan dalam berpenampilan, dari mbak Dhina saya belajar tentang kegigihan seorang ibu, dari Mas Andi saya belajar tentang keharmonisan keluarga, dari Brili saya belajar tentang semangat hidup, dari mas Dinar saya belajar tentang kesederhanaan dan kesabaran, dari pak Jumadi saya belajar bagaimana menjadi ayah yang baik bagi anak dan istri, dari mas Boni saya belajar tentang kerendah hatian dalam menjalani hidup, dari mas Surya saya belajar bagaimana bertutur kata yang baik, dan dari sang Maestro Kehidupan Kek Jamil Azzaini saya belajar banyak tentang kehidupan dan juga bagaimana menjadi seorang trainer yang baik, pesan yang selalu saya ingat adalah beliau pernah berkata “mas kalo mau jadi trainer hebat itu jangan pake topeng” maksudnya kelakuan kita harus sama saat di panggung maupun di luar panggung.

Pesan dari Kek Jamil itu yang sampai saat ini saya pegang sampai dengan hari ini, 3 hari berlalu dengan penuh pembelajaran dan juga canda tawa dari para teman-teman fasil dan juga kek Jamil membuat hari-hari kami semakin indah dan berharap waktu ini takkan pernah berakhir, namun setiap perjumpaan selalu ada perpisahan maka di hari terakhir perasaan saya semakin campur aduk karena harus berpisah dengan peserta yg luar biasa dan teman-teman fasil yang hebat, di hari terakhir pun kami saling berpelukan dan meneteskan air mata sambil memberikan doa dan dukungan bagi karir dan masa depan kami dimasa yang akan datang, tak lupa saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk kek Jamil yang sudah mengumpulkan kami ke dalam lingkungan yang positif, dan untuk teman-teman fasil yang luar biasa hanya satu kata yang bisa saya ucapkan “Kalian luar biasa” sampai jumpa pada kesempatan yang lainnya.

Miracle Of Belief -Dahsyatnya Bekerja-

Bekerja mencari nafkah adalah “Implementasi” yang mulia dari penghambaan kita kepada Allah Swt. Maka seharusnya ibadah-ibadah kita bukan hanya berujung pada lantunan doa-doa di atas sejadah panjang, tetapi harus menjelma menjadi cucuran keringat, energi gerak untuk memberikan sumbangsih karya yang memberi arti di muka bumi.

Ada sebuah cerita ketika Rasulullah, menemui seorang sahabat dan bersalaman, terasa oleh tangan Nabi yang mulia bahwa tangan sahabat itu penuh dengan kapalan dan melepuh. bertanyalah Rasulullah, ”Apakah gerangan yang menyebabkan tanganmu sampai seperti ini?” Sahabat tersebut menjawab, “Ya Rasul, setiap hari saya harus bekerja memecahkan batu demi menafkahi keluarga saya.” Seraya meraih tangan sahabatnya tersebut dan lalu diciumnya, Rasulullah bersabda, “Inilah tangan yang tidak akan disentuh api neraka.”

Subhanallah…. sebuah penghargaan yang luar biasa besar dari seorang Nabi kepada sahabatnya yang memiliki SPIRIT bekerja demi menghidupi keluarganya. seakan Rasulullah ingin menjelaskan kepada kita semua bahwa bekerja adalah sebuah nilai yang amat berharga dalam hidup. bahkan bekerja setara nilainya dengan ibadah-ibadah lainnya, bekerja keras dengan niat yang iklhas menafkahi (bermanfaat) bagi orang lain dapat menjadi penghalang kita dari api neraka, dengan kata lain bekerja adalah ibadah yang luar biasa dahsyat, bekerja adalah konsekuensi logis dari kecintaan kita kepada Allah Swt dan Rasul-Nya.

Bahkan saking dahsyatnya pahala dari bekerja ini Rasulullah bersabda “Sesungguhnya ada dosa yang tidak bisa dihapus dengan shaum dan shalatnya seseorang hamba, kecuali oleh jerih payahnya seorang hamba mencari nafkah.” (HR. Thabrani)

Maka jika kita sebagai lelaki hendaknya mengoptimalkan diri kita di dalam mencari rezeki dari Allah Swt dengan cara-cara yang baik dan benar selanjutnya kita serahkan segala hasil jerih payah kita kepada Sang Pemberi Rezeki….

Prilakumu Menentukan Hargamu

Tahun baru untuk menjadi pribadi yang baru dengan membersihkan hati, pikiran, tindakan untuk menggapai apa yang dicita-citakan.

Diawal tahun baru 2014 ini, hal yang penting adalah memperbaiki prilaku agar kita mendapatkan harga yang pantas bagi diri kita. Karena banyak orang yang merasa pantas dihargai tinggi tetapi pada kenyataannya dia tidak mendapatkan itu, dan ketika dia tidak mendapatkan harga yang pantas menurut dia, kebanyakan justru malah menyalahkan pihak lain.

Berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan selama ini, ternyata harga kita itu sangat ditentukan oleh prilaku kita, saya mengenal beberapa orang yang profesinya di hargai begitu tinggi adalah orang – orang yang memiliki prilaku sangat baik.

Orang – orang yang memiliki prilaku baik biasanya terlihat ketika berinteraksi dengan orang lain. Suatu contoh dari cara berkomunikasi, baik ketika serius maupun ketika bercanda.

Dengan demikian, pribadi yang hebat bisa menempatkan diri dalam pergaulan baik dikalangan atas ataupun dikalangan bawah. Contoh lain,  orang – orang yang berprilaku baik biasanya tidak merasa paling penting sehingga tidak berharap untuk dilayani secara berlebihan saat bekerja.

Oleh karena itu… sudah sepantasnya kita memulai tahun baru ini dengan mengoreksi diri kita, apakah tingkah laku kita sudah sesuai dengan apa yang kita katakan, sehingga kita tidak menjadi manusia – manusia yang bertopeng.

Salam Cinta selalu…

@davied_vier

Kasih ibu…

Grasione - One -_220036

Ibu….

Dentingan nafasmu menyelemuti hariku dari pagi hingga senja
Tak terlihat setitik kelelahan di wajahmu
Tak ada sesal saat semua harus kau lalui meskipun penuh liku
Langkahmu tak pernah henti meski begitu berat beban di pundakmu
Dan engkau tetap Melangkah demi kebahagiaan anakmu

Kasihmu tak kunjung redah meskipun engkau sudah termakan usia
Walau dalam lelah kau tetap merangkai kata bijak untukku dan selalu memberikanku semangat dalam menjalani hidup

Ibu engkau selalu Mengurai senyum di setiap langkahku dan engkau selalu mendera doa di setiap helai nafasmu untuk aku anakmu

Ibu.. kau mutiara dihatiku.. relung hatimu sangat indah Hingga tak mampu aku untuk menggapainya.. semoga Allah selalu memberikan keberkahan disisa usiamu dan aku sebagai seorang anak semoga bisa menjadi mimpi indahmu.. Ibu.. kau mutiara di hatiku dan engkau adalah anugeerah terindah dalam hidupku…

Selamat hari ibu.. untuk ibu dan juga istriku yang sangat luar biasa love you…

@davied_vier

 

 

Sudahkah kita berhijrah

Hijrah dalam sejarah Islam adalah satu peristiwa monumental yang sangat penting bukan hanya bagi kehidupan Nabi Muhammad SAW, tapi juga bagi pertumbuhan dan perkembangan agama Islam. Peristiwa itu adalah hijratur rasul dari Makkah ke Yatsrib yang kemudian kota ini dikenal menjadi “Madinah Al-Munawarah”.

Betapa pentingnya peristiwa ini, hingga diabadikan dalam Al-Qur’an surat Al-Anfaal ayat 74:

artinya : “Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezki (ni`mat) yang mulia” (QS. 8 :74).

Dalam catatan sejarah tentang peristiwa hijrah telah terjadi pada zaman rasul-rasul, seperti; Nabi Ibrahim as., Nabi Musa as., dan Nabi Muhammad SAW.Hijrah Nabi Muhammad SAW bersama seluruh umat Islam adalah dari Mekkah ke Yatsrib (Madinah). Para ulama membagi hijrah dalam pengertian, antara lain :

1. Keluar dari Darul Harb, yaitu hijrah dari negeri kafir ke negeri Muslim.

2. Pindah dari suatu negeri yang dilanda perang ke negeri yang aman.

Nilai-nilai filosofis dari hijrah adalah pindah dari keadaan hidup yang penuh penderitaan kepada keadaan hidup yang lebih baik, aman dan sejahtera. Umat Islam harus mempunyai semangat hijrah yaitu hijrah dari keterbelakangan kepada kemajuan, dari kebodohan kepada kecerdasan, dari kekufuran kepada keimanan.

Dalam menyambut datangnya tahun baru Islam 1435 H, maka kaum Muslim Indonesia dan seluruh dunia hendaknya tafakkur, merenungkan perilaku kita masa yang lalu pada tahun yang kita tinggalkan. Perbuatan baik apakah yang pernah kita lakukan dan perbuatan buruk/negatif dan tercela yang telah kita perbuat pada masa lalu ? Agar kita dapat bertaubat dan bertekad berbuat yang terbaik pada tahun 1435 H. Dan pada kesempatan ini mari sama -sama Kita perbaharui tekad untuk meningkatkan kwalitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT serta meningkatkan kinerja kita untuk memperbaiki tarap hidup yang lebih baik dan sejahtera pada tahun baru Islam 1435 H.

Perhatikan Penampilanmu!!

Hari ini kembali saya mendapatkan pengalaman berharga tentang pentingnya penampilan karena sebagian besar orang masih menilai kedudukan seseorang dari penampilannya, tadi pagi ketika saya harus pergi ke salah satu kantor pemerintahan yang ada di Jakarta dikarenakan ada dokumen yang harus saya tanda tangani sebelum jam 10.00 pagi, jadi saya memutuskan untuk menggunakan sepeda motor agar tidak terkena kemacetan Jakarta di pagi hari.

Karena menggunankan sepeda motor, saya memakai celana jeans dan kemeja serta sepatu yang setengah resmi, sesampainya disana saya disuruh menunggu oleh salah seorang staff di kantor tersebut, ketika menunggu saya masih mengenakan jaket dan tas ransel saya yang berisi laptop dan rambut yang sedikit kurang teratur akibat menggunakan helm he..he.. dan ketika nama perusahaan saya di panggil saya pun datang menghampiri dengan maksud untuk menandatangani dokumen tersebut.

Tiba – tiba ketika saya mau tanda tangan orang tersebut bilang pak maaf yang tanda tangan harus pemilik atau direktur perusahaannya langsung… ketika bicara seperti itu dia memperhatikan saya daru ujung kaki sampe ujung rambut, saya pun tersenyum sambil berkata oh gitu ya bu kebetulan saya sendiri bu pemiliknya, ibu itu pun tersenyum sambil berkata ah bapak bisa aja serius nih pak, mana pak Davied nya ?.. dalam hati saya nah loh dia nggak percaya… ampuuuun DJ… akhirnya saya pun mengeluarkan KTP saya dan memberikan ke ibu tersebut setelah melihat KTP saya ibu itu tersenyum sambil berkata maaf ya pak, saya pikir bapak tadi kurir perusahaannya pak Davied… *tepokjidad*

Kenapa Rezeki Kita kecil ?

Pagi ini udara di sekitar rumah saya yang terletak di daerah Jakarta Selatan sedang bersahabat karena matahari sedang malu – malu menampakkan dirinya, dan pada hari ini dengan di temani secangkir kopi saya pun ingin menuliskan sesuatu di blog saya yang ternyata selama bulan Oktober ini saya belum menulis di blog saya he..he..

Dalam beberapa hari yang lalu saya menerima BBM dari beberapa orang yang sedang galau dalam menghadapi hidup dan kegalauannya bermacam – macam ada yang galau karena Jodoh, Rezeki, dan lain -lain akibat kegalaauan itu membuat mereka tidak berfikir rasional ada yang bilang dirinya paling jelek dan nggak berguna karena di khianati pacar dan samapai sekarang sulit dapat pengganti ada yang bilang Allah itu nggak adil karena sampai dengan hari ini rezekinya kecil.

Dari beberapa BBM itu saya pun berfikir ya Allah ternyata masih ada orang yang meragukan kemampuan-Mu, padahal Engkau Maha Kaya, Engkau Maha Baik dan Engkau Maha Menentukan bagi setiap Hamba-Mu. Apa yang tidak mungkin kalau Engkau sudah berkehendak, bukankah sering tanpa kita sadari kita melihat kebesaran Allah melalui orang yang “maaf” cacat berjodoh dengan orang yang normal, bukankah ada orang yang dulunya miskin sering di hina dan di remehkan sekarang menjadi kaya, bukankah itu adalah tanda – tanda kebesaran Allah bagi kita yang meyakini-Nya.

Dari kejadian – kejadian di atas tadi seharusnya membuat kita yakin bahwa Allah akan membantu kita apabila kita yakin dan mau berusaha secara lahir dan bathin, berusaha lahir artinya kita bekerja setiap hari dengan penuh kejujuran dan rasa tanggung jawab yang tinggi kemudian disertai dengan usaha bathin yaitu dengan berdoa, bersedekah dan lain – lain insya Allah ketika kita melakukan itu Allah akan membukakan jalan bagi kita.

Saya pun teringat kata – kata orang tua saya beliau berkata pada saya bahwa Allah itu Maha kaya jangan takut ngejalanin hidup ini dan yang penting kamu harus bisa bermanfaat untuk orang banyak karena itu salah satu pembuka pintu rezeki, dan rezeki itu karena adanya hukum sebab akibat, dari kata – kata Ayah saya itu, sekarang saya tau kenapa rejeki kita kecil atau rejeki kita besar

karena kita bermanfaat kecil bagi orang lain (Sebab) —–> (Akibatnya) Rezeki kita kecil.

Karena kita bermanfaat besar bagi orang lain (Sebab) —–> (Akibatnya) Rezeki kita besar.

MARI SAMA – SAMA KITA MEMBESARKAN MANFAAT KITA UNTUK ORANG LAIN DAN MENGIKLHASKAN PERHITUNGAN IMBALANNYA KEPADA ALLAH SWT.

Follow My Twitter @davied_vier

Perjuangan Hidup

Kemarin pagi ketika saya melihat foto beberapa teman di contact bbm saya tiba – tiba saya tercengang ketika melihat foto salah satu teman saya yang berprofesi sama seperti saya yaitu sebagai seorang trainer, yang kondisinya maaf” sangat memperihatinkan karena mata dibagian kanannya sudah tidak berfungsi seperti dulu dan maaf bentuk atau posisi bola matanya tak seperti dulu akibat kanker yang mulai menjalar, saya pun tak kuasa untuk menjelaskannya, ketika foto itu muncul teman – teman saya yang lain menghubungi saya dan mengajak saya menjenguk ke RS.

Dulu kami sering ditugaskan mengisi training hampir diseluruh penjuru negeri tercinta ini. Namun kira – kira 2 tahun belakangan ini teman saya yang bernama Fian Wisudawan tidak dapat lagi menjalani profesinya sebagai seorang trainer, karena dia harus berjuang melawan penyakit kanker yang sudah lama di derita.

Dulu sebelum menderita penyakit kanker badannya tinggi tegap, tapi tadi malam ketika saya berkunjung ke RSUD Cilegon bersama teman – teman satu profesi dengan maksud melihat kondisi Fian dan ingin mensupport agar tetap kuat dan tabah menjalani semua ini, namun teman – teman saya dan juga saya sendiri tak kuasa membendung air mata melihat kondisinya, kami semua tak kuasa membendung air mata, suasana sedih dan haru bercampur aduk di dalam ruang dimana  Fian dirawat.

Dan ketika kami semua mengucurkan air mata, Fian pun bercerita mengenai penyakit yang di derita serta perjuangannya untuk memperoleh kesmbuhan dengan berobat keberbagai macam profesi baik dokter ataupun pengobatan alternatif yang lain, namun sampai dengan hari ini belum mendapatkan hasil yang diinginkan, dalam perjalanannya mencari kesembuhan begitu banyak biaya yang dikeluarkan untuk membayar biaya pengobatan dan sampai hari ini entah harta benda apalagi yang bisa dijual atau dijaminkan karena semuanya sudah tak tersisa. Hal itulah yang mengetuk hati kami untuk membuat sesuatu yang bisa meringankan beban biaya pengobatan, mudah-mudahan kami menemukan cara yang tepat untuk bisa membantu biaya pengobatan Fian.

Saya sangat kagum dengan Fian ditengah perjuangannya melawan ganasnya penyakit yang di derita dia tetap tabah dan iklhas menjalani hidupnya dia berkata yang membuat dia tetap kuat menghadapi penyakitnya adalah kedua orang tuanya dan juga istrinya keinginan untuk tetap bisa membahagiakan kedua orang tuanya dan juga istrinya membuatnya kuat menahan rasa sakit yang sangat luar biasa, bahkan dia berpesan pada kami semua yang datang menjenguk tolong doakan saya disetiap selesai sholat dan jaga pola makan agar tetep sehat tidak seperti saya saat ini, inilah gambar yang bisa kami abadikan ketika kami akan kembali ke rumah kami masing – masing.

IMG-20130929-00296

Untuk Fian doa kami selalu menyertai agar dirimu diberikan kesembuhan dan bisa beraktifitas kembali seperti dulu serta bisa bermanfaat untuk orang banyak. Aamiin..

@davied_vier

NASIONALISME SEJATI

Tadi malam saya ikut menyaksikan siaran langsung piala AFF U19 antara Indonesia VS Malaysia, mungkin saya salah satu dari ribuan atau jutaan pasang mata yang menjadi saksi kehebatan tim Garuda muda yang berlaga tadi malam, pada pertandingan pertandingan sebelumnya ketika menyaksikan timnas U19 bermain menghadapi Brunei,Myanmar, Thailand saya tidak merasakan ketegangngan yang sangat luar biasa seperti tadi malam, maklum yang kita hadapi adalah musuh bebuyutan yaitu Malaysia.

Kita semua tahu dalam beberapa tahun terakhir ini tim kebanggaan kita (Merah Putih) selalu tak berdaya ketika menghadapi tim dari negara serumpun ini, baik dari tim junior sampai ke tim senior, dengan hasil – hasil yang selalu kurang menguntungkan bagi tim merah putih membuat pertandingan tadi malam membuat jantung berdetup begitu kencang karena bayang – bayang kekalahan, dan pada babak ke 1 hal yang sama – sama tidak kita inginkan pun terjadi tim merah putih harus tertinggal lebih dulu dari tim lawan, permainan pun jadi amburadul skill para pemain tim merah putih pun seakan-akan tenggelam karena tensi pertandingan yang begitu tinggi.

Dan Alhamdulillah akhirnya pada babak ke 2 tim Garuda Muda bisa menyamakan kedudukan dan berhasil menahan imbang tim Malaysia sampai peluit akhir dibunyikan dan sorak sorai suporter yang ada di stadion maupun para suporter yang menyaksikan melalu layar televisi termasuk saya pun ikut bergembira, ya saya sangat bangga dan memberikan acungan jempol bagi para pemain dan tentunya juga suporter tim merah putih, nasionalisme para suporter Indonesia begitu kuat dimana pun tim merah putih bertanding stadion selalu dipadati penonton.

Suporter sepak bola kita mengajarkan arti tentang nasionalisme yang sangat luar biasa sekali, mereka rela datang ke stadion dengan membawa atribut – atribut kebangsaan, mereka rela mengeluarkan uang untuk membeli tiket yang tidak murah menurut saya,  ditengah krisis yang melanda negara kita, apalagi yang terlihat di layar televisi kebanyakan suporternya masih berusia sekolah, bisa jadi mereka rela menyisihkan sebagian uang jajannya agar bisa pergi ke stadion untuk menyaksikan tim kebanggaannya berlaga.

Mereka datang ke stadion dengan niat yang tulus yaitu memberikan dukungan kepada tim yang sedang berjuang mereka bernyanyi tiada henti mereka berteriak tanpa kenal lelah dan mereka datang tanpa sponsor atau dapat bayaran dari pihak – pihak tertentu mereka benar – benar datang dengan satu tujuan untuk memberikan dukungan bagi tim merah putih dan akhirnya dukungan para suporter terbukti ampuh sehingga membuat tim merah putih meraih hasil yang diharapkan.

SUKSES SEPAK BOLA INDONESIA….

Berhenti Merokok = Pergi Umroh

Tadi malam saya sedang duduk di warkop di dekat rumah saya sambil memesan telur setengah matang saya ngobrol – ngobrol sama mamang penjualnya, ketika lagi asik ngobrol tiba – tiba ada anak yang datang dan kira – kira masih usia sekolah, dia datang dengan tujuan untuk membeli rokok.

Anak itu bilang mang beli rokok  Rp. 5000,- ya, dan mamangnya memberikan 5 batang rokok, setelah anak itu pergi saya tanya sama mamangnya, mang kan rokok itu jarang ada yang di jual eceran (per batang), mamang nya bilang iya pak habis kalo di jual 1 bungkus anak – anak jarang yang beli, kemudian saya tanya kembali, emang 1 bungkusnya berapa ? mamangnya menjawab sekarang 1 bungkusnya Rp. 15.000,-

Saya pun kaget setelah mendengar harga yang disampaikan padahal sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu ketika saya masih mengkosumsi rokok harga perbungkusnya kira – kira Rp. 9000 dan dalam hati saya mengucap Alhamdulillah saya bisa lepas dari ketergantungan menghisap rokok, dan saya pun tanya ke mamang itu, mang kalo mamang tiap hari habis berapa bungkus ? mamangnya menjawab kalo saya per harinya bisa 2 bungku pak he..he..

Setelah mendapat jawaban itu saya pun langsung kembali ke rumah sampai di rumah saya memikirkan orang yang tiap hari menghisap rokok 2 bungkus itu kalo dia mencoba untuk berhenti merokok kira – kira selama 2 tahun aja maka, dia bisa pergi umroh (bagi yang beragama muslim) bayangkan kalo perhari 2 bungkus dan harga perbungkusnya Rp.15.000 x 2 = Rp.30.000. berarti orang yang merokok perhari 2 bungkus, dia setiap hari harus mengeluarkan uang Rp. 30.000,- kemudian Rp. 30.000 x 30 hari (1 bulan) = Rp. 900.000,-

Jadi, orang yang setiap hari menghisap rokok 2 bungkus maka dia harus mengeluarkan uang setiap bulan Rp. 900.000 Wooww… dan setelah saya hitung Rp. 900.000 x 12 (1thn) = Rp. 10.800.000 dan kalo kita kalikan selama 2 tahun maka jumlahnya menjadi Rp. 10.800.000 x 24 = Rp. 21.600.000,- wooow ternyata kalo kita berani berhenti menghisap rokok selama 2 tahun saja, dan uang yang biasa kita gunakan untuk membeli rokok kita tabung, maka kita yang beragama muslim bisa melakukan ibadah umroh atau bisa digunakan untuk pergi liburan ke luar negeri.

 

If You Belief You Can Be MIRACLE

Tiga hari yang lalu tepatnya di hari minggu pagi saya mendapatkan pesan melalui BBM dari seorang teman dan dia memberikan informasi kalau nanti ada temennya dia mau add pin BB saya, dan akhirnya ada yang nge add pin BB saya dan  singkat cerita dia menanyakan pekerjaan saya sekarang ini apa? dan saya jawab sekarang saya berprofesi sebagai seorang trainer dan dia kembali menanyakan kepada saya sudah berapa lama menggeluti profesi sebagai seorang trainer, dan saya jawab sudah 3 tahun lebih, dan dia kembali bertanya spesialisasinya apa ? dalam hati saya waduh ini kenapa nanyanya detail banget….??? dan saya pun jawab biasanya saya memberikan materi – materi motivasi.

Setelah itu komunikasi sempat terhenti lama dan saya pun semakin bertanya – tanya dalam hati ada apa ya kok dia menanyakan profesi saya sampai sedetail itu jangan – jangan dia mau ngundang saya untuk mengisi seminar di kantornya atau apa ya ??? dan tiba – tiba BB saya berbunyi dan saya baca pesan yang tertulis di dalam BB saya, ketika membaca saya sempat terdiam sebentar karena di dalam BBM itu tertulis mas Davied berminat nggak kalau di undang menjadi narasumber di program motivatalk di sindo tv? kalau mas Davied berminat tolong kabarin saya ya, WOW… itulah kata – kata yang keluar dari mulut saya ketika itu.

Dan saya pun menyampaikan berita tersebut ke istri saya, dan istri saya bilang terserah ayah, ayah siap nggak tampil di depan kamera karena beda loh tampil di depan orang banyak sama tampil di depan kamera he..he.. kalau ayah siap terima aja tawarannya aku yakin kok ayah pasti bisa, saya pun berfikir benar juga ya kalau bicara di depan orang banyak yang berjumlah 100 – 200 orang saya sudah terbiasa melakukan itu tapi ini di depan kamera dan dalam acara yang di siarkan secara langsung pula, semakin berkecamuk pikiran saya ketika itu di satu sisi saya ingin sekali karena menurut saya kesempatan seperti ini sangat jarang terjadi. saya pun teringat pada kata – kata yang saya tulis di buku saya The Miracle Of Belief  “Percayalah pada diri Anda bahwa Anda itu sangat istimewa dan Anda sangat bisa untuk berkembang.” saya pun berkata dalam hati saya harus ambil kesempatan ini agar saya bisa lebih berkembang.

Dan akhirnya saya memutuskan untuk mengambil kesempatan yang sangat langkah ini dengan kembali mengabari teman saya dengan mengatakan saya bersedia untuk menjadi narasumber pada hari selasa tgl 30 Juli 2013, setelah saya setujui perasaan saya semakin nggak karuan ada rasa takut dan lain sebagainya bahkan pada hari senin malam saya nggak bisa tidur karena membayangkan apa yang terjadi pada hari selasa jadi teringat semasa kecil dulu ketika esok hari akan di sunat kira – kira perasaan saya seperti itu he..he..

Karena ini pengalaman pertama buat saya, maka cara yang harus saya lakukan adalah meminta tips dari seseorang  yang sudah berpengalaman menjadi narasumber di berbagai stasiun televisi, akhirnya saya memberanikan diri untuk menghubungi guru saya Bpk. Jamil Azzaini melalui BBM, saya meminta doa dan tips dari beliau dan Alhamdulillah di tengah kesibukan beliau yang sangat luar biasa beliau masih menyempatkan diri untuk memberikan masukan yang sangat luar biasa sekali, beliau memberi saran untuk saya agar menjadi diri sendiri ketika tampil dan jangan berfikir menjadi sempurna kemudian sampaikan yang kita kuasai.

Setelah mendapat masukan dari Pak Jamil saya pun semakin percaya diri dan segera menyiapkan materi apa yang akan saya sampaikan di studio, pada hari selasa sore mendekati waktu untuk siaran perasaan pun semaikin berkecamuk ada rasa grogi dan setengah nggak percaya dengan apa yang akan terjadi nanti, dan akhirnya waktu pun semakin memaksa saya untuk bersiap dan bergegas menuju kantor MNC di daerah kebun sirih Jakarta Pusat dan ketika sampai disana saya pun berjumpa dengan penanggung jawab acara disana dan kita berbincang – bincang  mengenai materi yang akan saya sampaikan sekaligus ketika nanti di depan kamera apa yang harus saya lakukan dan tiba – tiba rasa grogi menghantui saya sampai pada akhirnya saya di panggil untuk latihan terlebih dahulu sebelum latihan saya pun menghampiri kameramen dan beberapa kru dengan tujuan mencairkan suasana dan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar ketika latihan,  inilah wajah tegang ketika pertama kali latihan yang berhasil di abadikan oleh istri saya he..he..

IMG-20130730-00349

Setelah selesai latihan, saya pun menyempatkan diri untuk berbicara dengan pemandu acaranya ketika itu yang memandu acaranya Mas Ade Mulya salah satu presenter di MNC TV, saya pun sangat terbantu dengan adanya mas Ade yang tentu lebih berpengalaman dari saya dan saya pun tidak malu untuk mengakui kalau ini adalah pengalaman pertama saya tampil untuk siaran televisi dan mas Ade pun berkata tenang aja mas pasti bisa kok. dan akhirnya waktu menunjukkan pukul 21.00 Wib itu artinya pengalaman pertama saya segera dimulai dan Alhamdulillah semuanya berjalan sesuai dengan harapan, semua itu terjadi berkat dukungan dari semua pihak terutama orang tua dan istri serta sahabat – sahabat saya.

CaptureNux 2013-07-30 22.34.42 gambar ini di ambil oleh salah satu sahabat saya semasa SMA dulu dia menyempatkan diri mengambil gambar dari tayangan televisi yg ada di rumahnya….

Dan setelah acara selesai saya pun kembali ke rumah dengan perasaan senang sekaligus masih nggak percaya dengan apa yang terjadi barusan, saya pun tidak lupa mengucapkan syukur yang sangat luar biasa kepada Allah Swt atas kemudahan – kemudahan yang diberikan kepada saya dalam bentuk keajaiban -keajaiban yang terkadang tak bisa di pikir dengan menggunakan logika manusia karena itu adalah rahasia dari Allah Swt, dan saya pun kembali teringat pesan dari pak Jamil Azzaini beliau pernah berkata pada saya jangan takut melakukan perbuatan baik karena kelak semua perbuatan baik yang kita lakukan akan kembali kepada diri kita, dan saya pun semakin yakin ketika membaca ayat ini  “Siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar biji dzarah. Niscaya Ia melihat balasannya” (QS: Al-Zalzalah :7)

Dari Ayat di atas dan juga pesan dari pak Jamil saya pun semakin yakin bahwa kemudahan – kemudahan yang sering kita dapatkan dalam kehidupan kita ini adalah buah dari perbuatan baik kita kepada orang lain.. dan Allah pun memberikan balasan kebaikan kepada diri kita… sekarang yang kita perlukan adalah keyakinan yang kuat atas setiap balasan yang diberikan oleh Tuhan kita… If You Belief You Can Be MIRACLE

Takut Banget Sama Istri!!

Takut banget sih loe, ama istri loe.. he..he..

Ungkapan atau pertanyaan ini lah yang dulu sering terlontar ketika saya dan teman – teman lama semasa sekolah sedang berkumpul. Karena pada saat berkumpul itu ada beberapa teman saya yang sudah menikah dan ada yang belum menikah salah satunya adalah saya he..he..

Pada saat sedang berkumpul waktu yang berjalan terasa begitu cepat atau kitanya yang nggak tau waktu karena terlalu asik bercerita dan bernostalgia, ketika waktu sudah semakin malam teman – teman saya yang sudah menikah wajahnya sudah terlihat gelisah dan sering sekali memandangi jam tangannya masing – masing, dan ada beberapa yang subuk menerima panggilan telepon dari keluarganya di rumah, dan salah satu teman saya berkata udah malem nih udah jam 9.00 bubar yuk..

Ketika mendengar kata – kata bubar dan pada saat itu waktu masih menunjukkan pukul 9 malam, teman saya yang belum menikah berkata baru jam 9 aja udah pengen pulang, takut banget sih lo ama bini lo.. teman – teman yang lainnya pun ikut tertawa.. dan teman saya yang dibilang takut banget sama istri itu berkata.. gua bukannya takut sama istri gua men.. tapi karena gua bertanggung jawab sepenuhnya sama dia.. karena gua laki – laki yang bertanggung jawab makanya gua nggak mungkin ninggalin dia terlalu lama di rumah tanpa ada gua.. mendengar jawaban itu, ada salah satu teman saya berkata alasan aja loe he..he..

read more…

Kasih Ibu Sepanjang Masa

Kemarin sebelum saya berangkat ke kantor saya melihat sebuah tayangan di salah satu siaran televisi swasta yang sedang mengulas Sumanto, yang terkenal dengan kasus kanibalismenya. Sumanto sekarang ditempatkan di salah satu rumah sakit jiwa dan dia jarang sekali bisa bertemu dengan kedua orang tuanya.

Sulit bagi Sumanto untuk bisa bertemu dengan keluarga dan juga ibu kandungnya karena warga di kampung dimana keluarga dan ibu nya tinggal sangat menolak kehadiran Sumanto, warga disana takut kejadian menakutkan itu terulang kembali, kemarin di dalam tayangan televisi itu Sumanto diberikan kesempatan untuk berkunjung kerumahnya untuk bertemu dengan keluarganya.

Ketika sampai di rumah tersebut Sumanto menemui kakak dan adiknya dan yang membuat saya kagum adalah sosok wanita tua yang keluar dari kamarnya tiba-tiba memeluk Sumanto sambil menangis dan berkata ibu kangen le… ( panggilan anak dalam bahasa jawa ).

Kemudian ibu itu memberikan air minum untuk Sumanto sambil berbincang – bincang, dalam hati saya pun berkata Ya Allah begitu Mulia kasih sayang ibu, seakan – akan dia tak pernah perduli dengan masa lalu anaknya yang buruk, dia tetap merindukan dan menerima kehadiran anaknya dengan tangan terbuka, meskipun seluruh warga kampungnya menolak kehadiran Sumanto, namun bagi wanita tua  itu Sumanto adalah anak yang 9 bulan pernah berada di kandungannya, maka tidak ada alasan baginya untuk tidak menerima kehadirannya.

Ya Allah sungguh mulia kasih sayang seorang ibu maka wajar jika surga itu berada dibawah telapak kaki ibu, karena begitu tulusnya kasih sayang seorang ibu, dia tak pernah merasa letih dan merasa malu mendidik dan membesarkan anak – anaknya. Ya Allah berikanlah keselamatan di dunia dan di akhirat bagi ibu kami Ya Robb…

 

AYAH DAN BUNDA

Ayah dan bunda….

Hembusan nafasmu menyelimuti hari kami dari bayi hingga kami beranjak dewasa bahkan sampai kami sudah berkeluarga. Tak tersimpan setitik kelelahan dari dulu hingga kini di wajahmu.

Tak terlihat sesal saat semua harus Kau lalui untuk membantu kami tumbuh di tengah – tengah dunia yang penuh dengan liku ini. Langkahmu tak pernah terhenti untuk mengajarkanku tentang baik dan buruknya kehidupan ini.

Kasihmu tak kunjung reda walau sekarang sudah terlihat memutih rambutmu dan kulitmu tak sehalus sepertu dahulu lagi dan langkahmu tak seperti dahulu lagi, tapi kau tetap mengurai senyum untuk kami dan keluarga kecil kami.

Dan selalu teriring doa di setiap ucapanmu untuk kami sehingga kami bisa menjalani kehidupan ini dengan penuh tawa dan bahagia

Ayah dan Bunda Kau Berlian di hati kami….

Menjelang bulan suci Ramadhan ini ijinkan kami memohon maaf baik yang kami sengaja maupun yang tidak kami sengaja, baik yang terlihat maupun yang tak terlihat… dan pada kesempatan ini ijinkan kami berdoa untuk seluruh orang tua yang telah berjasa bagi kehidupan anak – anaknya..

YA ROBB AMPUNI SEGALA KHILAF KEDUA ORANG TUA KAMI YA ROBB, KAMI MENJADI SAKSI  PERJUANGAN MEREKA YG BEGITU SANGAT LUAR BIASA DI DUNIA INI ,CUCURAN KEREINGAT YG  KELUAR , PERGINYA AYAH KITA DARI RUMAH UNTUK MENCARI NAFKAH, UNTUK KITA ANAKNYA.

BEGITU JUGA DENGAN BUNDA KAMI YANG TIDAK PERNAH DIHIRAUKANNYA RASA SAKIT YANG MENDERA APALAGI SAAT KITA DIKANDUNGNYA 9 BULAN KITA BERADA DI KANDUNGANNYA  ITULAH SAAT YANG PALING BERAT YANG DIRASAKAN OLEH IBUNDA KITA DAN YANG ADA DIPIKIRANNYA HANYALAH BAGAIMANA AGAR KITA SELAMAT KELUAR DARI KANDUNGANNYA.

MAKA PANTASLAH JIKA PADA HARIINI KAMI MEMINTA KEPADAMU UNTUK AYAH DAN IBUNDA KAMI, DUHAI ALLAH YANG MAHA RAHMAN DAN RAHIM ENGKAU PASTI MENDENGAR APA YG KAMI PINTA,YA ALLAH SELAMATKAN MEREKA, JIKA MEREKA MASIH HIDUP KAMI HANYA MEMOHON PANJANGKAN UMUR TAAT MEREKA , UMUR IBADAH MEREKA JANGAN SUSAHKAN MEREKA DALAM KEHIDUPAN INI, KARENA MEREKA SUDAH SUSAH MENGASUH DAN MEMBESARKAN KAMI, JANGAN BIARKAN KAMI MEMBUAT HATI MEREKA LUKA BAHKAN AIR MATA MENGALIR DARI KEDUA MATA MEREKA.

YA ALLAH YA RAHMAN, UNTUK MEREKA AYAH BUNDA KAMI YANG SUDAH  BERADA DI ALAM KUBURNYA KAMI MEMOHON KEPADAMU JANGAN SIKSA MEREKA YA ALLAH, JADIKAN KUBURNYA TAMAN – TAMAN SURGA, JADIKAN SETIAP AMAL BAIKNYA MENJADI SAHABAT DI ALAM KUBURNYA, KAMI MENJADI SAKSI YA ALLAH BAHWA MEREKA ADALAH ORANG YANG SANGAT LUAR BIASA DALAM KEHIDUPAN KAMI…

YA ROBBIII JIKALAU NANTI ENGKAU BETUL – BETUL SELAMATKAN KAMI, KAMI HANYA INGIN ENGKAU PERTEMUKAN KAMI DENGAN KEDUA ORANG TUA KAMI LAGI .. RINDU YA ROBB.. RINDU HATI INI… MENATAP WAJAHNYA , MENDENGAR SUARANYA , RINDU DENGAN KEHANGATAN PELUKANNYA…

YA  ALLAH, SURGA ITU TIDAK AKAN INDAH TANPA KEDUA ORANG TUA KAMI , MEREKA ITU YG MEMBUAT KAMI SEPERTI INI , MEREKALAH YG MEMBUAT KAMI MENJADI BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN , MAKA YA ROBBANAA JANGAN BIARKAN KAMI TERPISAH…

JANGAN BIARKAN KAMI TAK BISA LAGI MELIHAT WAJAH KEDUANYA YA ALLAH, YA ROBANAAA SELAMATKAN MEREKA.. SELAMATKAN MEREKA…. AMIN..

 

 

 

Belajar Dari Ibu Een

Tadi pagi sebelum berangkat ke kantor saya sempat menyaksikan siaran televisi yang memberitakan tentang seorang wanita yang menurut saya, sangat luar biasa sekali, dengan keterbatasan yang dia miliki, dia tetap berusaha untuk bisa bermanfaat bagi sesama.

Wanita itu bernama Een Sukaesih yang tinggal di Dusun Batukarut, RT01 RW06, Desa Cibereum Wetan, Cimalaka, Sumedang, Jawa Barat. Berkat dedikasinya ia mendapat banyak penghargaan, dan berkat keiklhasannya dalam memberikan manfaat bagi anak – anak disekitar tempat tinggalnya, beliau mendapatkan kesempatan untuk bertatap muka langsung dengan pemimpin di negeri yang sama-sama kita cintai ini, kesempatan yang sangat langkah dan jarang di dapat oleh siapapun dan itu sudah bisa di dapatkan oleh  bu Een.

Semangat ibu Een untuk bisa berbagi ilmu kepada anak – anak di sekitar tempat tinggalnya tak pernah pudar, meskipun dalam kondisi fisik dan kesehatan yang kurang mendukung, ia tetap melakukan tugasnya sebagai seorang pengajar tanpa pernah mengeluh dan tak pernah berharap untuk mendapatkan bayaran dari anak didiknya (Gratis), sungguh  apa yang ia lakukan betul-betul menunjukkan tentang ketulusan dan juga keiklhasan yang sangat luar biasa.

ibu Een

Ya Allah, begitu malunya diri ini yang sudah Kau berikan anugerah dalam kondisi fisik yang sehat dan sempurna tetapi masih belum bisa bermanfaat bagi orang banyak, bahkan diri ini masih sering mengeluhkan tentang beratnya pekerjaan yang kami jalani, maafkan kami ya Robb yang masih belum bisa mensyukuri segala nikmat yang sudah Engkau berikan kepada kami.

Semua Orang Bisa Berubah

Kira – kira 2 atau 3 minggu yg lalu ketika saya bersama sahabat – sahabat saya memberikan training khusus untuk warga binaan di lapas narkotika cipinang Jakarta ada sesuatu yang membuat saya bahagia dan ada yang membuat saya sedih,  saya adalah yang membuat saya bahagia karena ini adalah pengalaman pertama saya memberikan training untuk warga binaan.

Sejak SD sampe dengan kuliah saya sering melewati lapas cipinang karena daerah rumah saya jaraknya tidak jauh dari lapas cipinang tapi selama ini saya belum pernah tau seperti apa kehidupan didalamnya dan itu yang membuat saya penasaran dan akhirnya saya memperoleh kesempatan untuk bisa berbagi dengan warga binaan sekaligus saya bisa tau seperti apa bentuk dan kehidupan di dalam lapas.

Ketika pertama kali masuk saya harus melewati beberapa pintu pemeriksaan dan alat komunikasi saya pun tidak boleh dibawa masuk kedalam dan disana disediakan loker untuk menyimpan alat – alat komunikasi, setelah melewati beberapa pintu akhirnya saya sampai diruang serbaguna yang biasa digunakan untuk training, ketika pertama kali masuk ruang training tersebut jujur perasaan saya masih bercampur aduk dan ketika para peserta training yang sebagian besar adalah warga binaan masuk kedalam saya pun melihat wajah-wajah mereka yang tersenyum sambil tertunduk malu ketika melihat wajah saya, terlihat mereka  agak kurang percaya diri.

Pada hari itu kami sudah berbagi tugas dan tugas saya saat itu membuka acara dan membuat peserta merasa bahagia terlebih dahulu agar materi yang disampaikan bisa mereka terima dengan baik, ketika saya tampil pertama kali tiba-tiba ada salah satu peserta dengan sorot matanya yang tajam memperhatikan saya dari ujung kaki sampai ujung rambut saya pun merasa bingung dan berfikir ada yang aneh tetapi hal itu tidak  mempengaruhi perform saya dan saya biarkan hal itu terjadi yang penting dia tidak mengganggu saya he..he.. read more…

Siapkan Mentalmu Untuk Jadi Pengusaha

Akhir – akhir ini saya sering mendengar orang berbicara jika ingin “kaya”  kita harus keluar dari pekerjaan kita dan harus jadi pengusaha, memang tidak salah dan tidak sepenuhnya benar.

Saya mengalaminya sendiri bagaimana suka dukanya membangun usaha dan bagaimana ketika menjadi karyawan disebuah perusahaan, ketika saya menjadi pegawai pendapatan saya tetap dan pasti setiap bulannya sehingga memudahkan saya dalam mengatur pengeluaran setiap bulannya karena jelas yang saya dapatkan setiap bulannya.

Dan setiap tahun kenaikan gaji saya pun bisa diperhitungkan, kenaikan jabatan pun bisa diperjuangkan sesuai dengan kinerja saya, berdasarkan itu semua maka bisa dipastikan dengan menjadi karyawan kita pun bisa memiliki pendapatan yang cukup bahkan lebih dari cukup asalkan kita mau bekerja di atas rata-rata karyawan yang lain.

Setelah beberapa tahun menjadi karyawan akhirnya saya memutuskan untuk read more…

Kejantananmu Nggak Akan Hilang

Kemarin ketika saya upload foto nasi goreng di profil picture BBM (Blackberry Messenger) yang khusus saya buat untuk istri saya, tidak seberapa lama tiba – tiba muncul beberapa BBM dari yang nggak percaya bahwa itu adalah buatan saya dan ada juga yang percaya, bahkan ada yang berkata wah bpk hebat saya aja selama nikah sampe sekarang sudah pisah (cerai ) dengan suami saya nggak pernah saya dibuatin sarapan pagi.

Sedih saya membaca BBM itu dan saya pun hanya menjawab dengan logo senyuman, bahkan ada seorang laki – laki yang BBM ke saya berkata pak kok mau sih bikinin sarapan untuk istrinya ? lalu saya jawab lho memangnya kenapa kalo suami buatin sarapan untuk istrinya, dia bilang ya nggak papa tapi itu kan pekerjaan istri bukan suami, dimana haraga diri kita sebagai seorang suami ? saya jawab oh gitu ya…. dan saya pun berusaha menjelaskan kenapa saya melakukan itu, saya bilang saya melakukan ini di waktu – waktu tertentu dan bukan setiap hari, kalau saya melakukan itu setiap hari bisa – bisa saya pake daster dan istri saya pake jas setiap harinya he..he.. read more…

Doaku Untukmu

Tanggal 29 Maret ini tepat dimana seseorang yang paling berjasa utk keluarga saya dilahirkan, beliau adalah papaku. Suka duka dalam kehidupan telah beliau lalui untuk mendidik dan membesarkan kami anak-anaknya.

Beliau tak pernah lelah mengajarkan anak-anaknya tentang arti kehidupan, beliau tak pernah letih mencari sesuatu utk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, kasih sayang beliau tak pernah berkurang meskipun kami sudah beranjak dewasa dan sudah berumah tangga. read more…

Tidak terasa ya, sekarang sudah hari kamis lagi, besok Jum’at trs weekend deh. Itulah kehidupan yg berjalan begitu cepat bagaikan kedipan mata.

Kehidupan yg berjalan semakin cepat ini, akan sangat sia2 jika kita masih fokus dan mengeluhkan masalah, krn selama kita hidup masalah tak kan pernah hilang.

Maka terimalah segala masalah yg ada kemudian fokuslah kepada jalan keluarnya sehingga masalah itu akan mudah kita lewati dan Yakinlah dgn hadirnya masalah bisa membuat kita semakin kuat dan bisa menjadikan kita hebat. read more…

Hadapilah Masalah

Tidak terasa ya, sekarang sudah hari Jum’at lagi, besok sabtu terus weekend deh. Itulah kehidupan yg berjalan begitu cepat bagaikan kedipan mata.

Kehidupan yg berjalan semakin cepat ini, akan sangat sia – sia jika kita masih fokus dan mengeluhkan masalah, karena selama kita hidup masalah tak kan pernah hilang.

Maka terimalah segala masalah yg ada kemudian fokuslah kepada jalan keluarnya sehingga masalah itu akan mudah kita lewati dan Yakinlah dengan hadirnya masalah bisa membuat kita semakin kuat dan bisa menjadikan kita hebat. read more…

UMROH

Beberapa hari ini ketika melihat TL (Time Line) di akun twitter saya, ada beberapa sahabat yg menuliskan pengalaman dan kekagumannya ketika melakukan ibadah Umroh, Subhanallah ingin sekali rasanya bisa pergi kesana lagi bersama istri dan orang- orang yg saya sayangi.

Ketika membaca TL (Time Line) tentang perjalanan mereka ketika berada di tanah suci pikiran saya langsung melayang teringat ketika berada disana, bagaimana indahnya bisa sholat dan memanjatkan doa di dekat makam Nabi Muhammad SAW, bersama-sama umat muslim diseluruh Dunia dari berbagai macam usia dan berbagai macam latar belakang kehidupan. read more…

Bersyukur

Sudah hampir 3 (tiga) hari ini saya mengalami gangguan kesehatan yang disebabkan gangguan pernafasan, selama mengalami gangguan tersebut saya tidak bisa melakukan aktivitas sebagai mana mestinya, banyak jadwal yang sudah tersusun dengan terpaksa harus saya batalkan, termasuk jadwal mengajak anak laki – laki saya untuk jalan – jalan di setiap hari minggu.

Selama 3 (tiga) hari saya terbaring di tempat tidur dan dirawat dengan sangat baik oleh istri saya, selama 3 (hari) saya  begitu sulit untuk bernafas bahkan saya sudah menggunakan alat bantu pernafasan pun masih terasa sulit sekali untuk bernafas dengan normal, melihat kondisi saya seperti itu istri saya memaksa saya untuk pergi ke dokter tetapi saya menolaknya dengan berkata tenang aja nanti juga sembuh kok. he..he.. biasa laki – laki biar nggak terlihat manja. read more…

SMAN 1 Pemali Bangka – Belitung

Pagi ini saya masih berada di kota Pemali Bangka – Belitung untuk mengisi training Spiritual Outbound karyawan/ti PT. Timah (persero) Tbk. Dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas karyawan/ti dan meningkatkan kerjasama antar unit kerja.

Tempat saya menginap dekat sekali dengan asrama para pelajar SMAN 1 Pemali, hampir setiap pagi saya melihat pemandangan yang luar biasa menurut saya, ketika Adzan subuh berkumandang mereka sudah bangun dan menjalankan kewajiban sebagai umat muslim. setelah selesai sholat mereka mulai bersiap – siap mandi dan sarapan pagi, jumlah mereka lumayan banyak lebih dari 100 orang. read more…

Pray For Gaza

Pagi hari ini saya mendapatkan kiriman gambar dari BBM group yang berisi gambar seorang anak kecil yg cantik dan sekarang terbujur kaku terkena bom dari zionis Israel, ya Allah terasa begitu perih hati ini melihat gambar itu, begitu mudahnya nyawa anak – anak yang tak berdosa itu direnggut oleh kebiadapan suatu bangsa.

Dan yang lebih menyakitkan hati ini adalah ketika saya melihat dan mendengar berita yang sangat mencekam disana tapi diri ini tak mampu melakukan sesuatu kecuali hanya berdoa untuk keselamatan para pejuang muslim, dan para warga sipil disana, semoga mereka diberi kekuatan dalam melakukan perlawanan dan diberikan ketabahan dalam mempertahankan perjuangan mereka. read more…

Mencintai Dengan Sempurna

Ketika di dalam sebuah training di luar kota ada peserta yg bertanya pak bagaimana ketika kita menghadapi pasangan yg nggak sempurna ?… sambil tersenyum saya menjawab, jika pasangan kita kurang sempurna maka tugas kita adalah mencintainya dengan cara yg sempurna… he..he..

Peserta tersebut bingung dan bertanya maksudnya pak ? dan saya balik bertanya apakah ada manusia yg sempurna di muka bumi ini ? dia jawab tidak ada pak 🙂 lalu kenapa Anda menuntut pasangan Anda untuk menjadi sempurna bukankah lebih baik Anda menerima kekurangannya dengan cara yg sempurna, sehingga Anda tidak mempermasalahkan lagi kekurangannya. read more…

Hujan = Rejeki

Saat hujan di sore hari ini terasa begitu indah terlihat dari kamar tidurku, tiba-tiba didalam benak saya teringat dengan anak-anak kecil yang biasa menawarkan jasa payung ketika hujan – ya Allah beri mereka kemudahan untuk mendapatkan Rizki dengan datangnya hujan ini.

Saya jadi teringat kira-kira 15 Tahun yang lalu ketika itu saya juga pernah menjadi tukang ojek payung, setiap hujan saya bergegas mengambil payung dan pergi ke pasar di daerah prumnas atau ke kuburan di dekat rumah saya untuk menawarkan jasa payung kepada para peziarah.

Alhamdulillah setelah selesai meakukan aktivitas menawarkan payung biasanya dapat uang yang cukup untuk saya bawa ke sekolah esok harinya, senang sekali rasanya saat itu pergi kesekolah tanpa meminta ongkos dari orang tua saya, meskipun saya harus merasakan dingin pada saat menawarkan payung dan terkadang banyak teman-teman seusia saya yang meledek tapi itu tidak mengurangi semangat dan niat saya.

Akhirnya semua yang saya lakukan dimasa kecil saya itu  yang menjadikan saya menjadi seperti sekarang ini, kegigihan, ketulusan, dan keinginan yang begitu kuat untuk membahagiakan orang-orang yang saya cintai di sertai dengan keyakinan Alhamdulillah  satu persatu sudah bisa terpenuhi.

Keadaan dimasa lalu saya lah yang membuat saya bisa seperti sekarang ini, mungkin jika dulu saya tidak pernah merasakan mencari uang sendiri di saat teman-teman saya yang lain sibuk bermain maka mental saya tidak akan pernah siap menghadapi perubahan-perubahan hidup yang semakin dahsyat.

Terima kasih untuk kedua orang tua saya yang dulu tidak memanjakan saya dengan kemudahan-kemudahan yang seharusnya bisa saya dapatkan.. seandainya dulu saya dimanja mungkin saya akan mudah menyerah di dalam menghadapi persaingan di dalam hidup ini!

@Davied_vier

Bersyukur atau tidak

pada saat kita terbangun dari tidur, Anda sudah dihadapkan pada 2 pilihan yaitu bersyukur atau tidak karena semua itu adalah hak Anda. ketika Anda membuka mata dan memilih untuk bersyukur maka Anda begitu menghargai apa yang sudah Tuhan berikan kepada Anda.

Jangan Mendendam…

Jangan hiraukan mereka yang membencimu. mereka hanya orang yang berharap memiliki hidup sepertimu. perhatianmu adalah hal yang mereka inginkan. ketika kita sedang menuju tangga kesuksesan biasa nya banyak orang yang berbeda visi dengan kita, jalani saja selagi memang kita benar dan yakin akan kesuksesan kita.

Biarlah orang lain jadi berbeda pandangan dengan kita atau bahkan membenci kita, yang penting kita tidak membenci mereka dan tanamkan dalam hati bahwa kita akan tetap berbagi kebahagiaan kepada mereka yang membenci kita. read more…

Harga Yang Harus Dibayar Untuk Mengejar Mimpi

Ketika hari minggu tgl 24 – 09 – 12 saya baru pulang dari Bangka – Belitung sekitar pukul 8.00 Wib, ketika itu saya di jemput dengan anak dan istri saya dan seperti biasa setiap saya pulang dari luar kota saya selalu menyempatkan diri untuk mampir ke rumah orang tua saya di BSD, di dalam perjalanan istri saya bercerita dia bilang Ayah hari ini Aji (Adik ipar kami )berangkat ke Prancis karena dapat beasiswa program S2, pesawatnya jam 18.00 Wib tapi harus sampe di bandara jam 15.00 Wib. read more…

Kekuatan Cinta

Begitu Dahsyatnya kekuatan cinta sehingga begitu banyak orang yang rela tersakiti demi mempertahankannya. Banyak sekali laki – laki atau wanita yang ketika menjalani hubungan (pacaran) mengorbankan pearasaannya dan terkadang merelakan dirinya untuk menangis semalaman hanya karena takut kehilangan pujaan hatinya.

Mereka rela menahan rasa sakit meskipun sering diperlakukan kurang baik dengan pacarnya seakan – akan pacar nya itu yang kelak akan ada dimasa depannya, padahal belum ada jaminan kedepan kita akan hidup dengan siapa, tetapi begitu kuatnya rasa cinta terkadang akal sehat kita pun tidak berfungsi. read more…

Belajar Dari Beberapa Supervisor

Ketika saya bekerja sebagai seorang sales asuransi, saya pernah dipimpin oleh kurang lebih 4 supervisor karena setiap 3 bulan selalu ada pergantian tim di tempat kami bekerja, dan dari masing – masing supervisor itu memiliki strategi dan cara kerja yang berbeda.

Dari ke empat orang supervisor itu saya pernah berbeda prinsip dengan  satu orang supervisor saya, karena strategi dan cara kerjanya yang sering sekali tidak sesuai dengan hati nurani saya. Dan selalu merasa dirinya yang benar dan dia selalu bangga dengan keberhasilannya di masa lalu yang dia sendiri tidak sadar bahwa keadaan yang di hadapi saat itu sudah tidak sesuai lagi dengan cara – cara yang lama. read more…

Bersyukur dapat Supervisor

Saya ingin berbagi pengalaman ketika dulu saya bekerja sebagai sales asuransi, yang setiap hari,minggu dan bulan di berikan target. Dan setiap orang di bagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan penjualan dalam sebuah tim, dan masing – kelompok di bawahi oleh seorang supervisor.

Biasanya setiap 3 bulan kami bertukar kelompok dan juga berganti supervisor selama bekerja saya sudah berganti 3 supervisor dari ke 3 orang tersebut saya belajar banyak dengan berbagai macam karakter dan juga cara kerja mereka yg masing sangat berbeda. read more…

Ingin Agent/marketing Anda meraih Target ?

Hari ini saya ingin berbagi pengalaman untuk perusahaan asuransi, agar agentnya bisa meraih target yang telah di tentukan oleh perusahaan.

Berdasarkan pengalaman saya selama ini, saya menjadi marketing asuransi di perusahaan yang cukup besar sampe saya menjadi seorang trainer di perusahaan asuransi yang besar juga, saya melihat banyak para agent itu sedikit kesulitan untuk meraih target yang ditentukan. Memang tidak semua agent merasa kesulitan untuk meraih target. read more…

Hari ini saya ingin berbagi pengalaman untuk perusahaan asuransi, agar agentnya bisa meraih target yang telah di tentukan oleh perusahaan.

Hari ini saya ingin berbagi pengalaman untuk perusahaan asuransi, agar agentnya bisa meraih target yang telah di tentukan oleh perusahaan

Hari ini saya ingin berbagi pengalaman untuk perusahaan asuransi

Tempat Wudhu

Selamat pagi sahabat – sahabat yang baik,

Hari ini saya ingin bercerita mengenai perjalanan saya beserta Tim dari Pemali Bangka, menuju ke daerah Muntok Bangka – barat ketika itu kami jalan bersama rombongan 3 mobil, karena setiap kami melaksanakan training Spiritual Outbound kami berangkat dengan personil yg lengkap kira – kira 15 orang.

Saya dan Tim jalan dari daerah Pemali menuju Muntok pada pukul 17.15 Wib melewati jalan yang berliku dan melewati beberapa perkampungan yang terlihat begitu asri dan warga yang hidup dalam kesederhanaan, awalnya kami masih berjalan beriringan, tetapi lama – kelamaan kami pun terpisah karena pengemudinya ada yang jalan lebih cepat.

Ketika di tengah perjalanan adzan magrib pun terdengar berkumandang dan kami dalam 1 mobil pun bergegas mencari masjid agar kami bisa sholat, sambil berjalan akhirnya kami menjumpai sebuah masjid dan  kami pun berhenti, kami semua masuk ke dalam  masjid tersebut untuk mencari tempat wudhu ketika kami sampai di tempat wudhu kami semua pun tersenyum sambil merasa heran, melihat tempat wudhu nya yang saya belum pernah jumpai di Jakarta, karena tempat wudhu nya begitu unik dan sangat tradisional sekali menurut saya.

Tempat wudhu nya indah karena dibuat berbentuk segi empat menyerupai kolam kemidian di sediakan beberapa gayung yang berukuran kecil dan yang mengambil air wudhu pun mengelilingi kolam tersebut, luar biasa indah sekali dengan air yang bersih dan keramahan penduduknya. Begitu juga dengan masjid nya yang tidak terlalu besar dan bersih kemudian suasana perkampungan nya yang begitu asri dan sangat sederhana, membuat saya dan teman – teman semakin kagum.  

                                                                                  @Davied_vier

Talenta kecil

Semua perusahaan mencari orang yang berbakat. Mulai berbakat menjual, berbakat mendesain produk-produk lain, berbakat mencari ide – ide segar, dan lain sebagainya. Bakat itu dipicu oleh talenta.

Namun, talenta tak bisa berbuat banyak jika tak dilatih. Seseorang yang bertalenta “rendah” akan jauh lebih hebat jika melatihnya terus menerus dibanding orang lain bertalenta tinggi tapi merasa percaya diri secara berlebihan. ketika Anda memiliki talenta yang tinggi maka tetaplah belajar dan jangan merasa diri Anda sudah hebat sehingga Anda malas untuk melatihnya .

Saya pun merasa memiliki talenta yang rendah di dalam dunia training ketika itu, dibandingkan teman – teman saya sesama trainer tetapi saya melatih talenta saya yang rendah itu secara konsisten dan mau belajar dari manapun dan dari siapapun, sehingga saya bisa berhasil memberikan training hampir di seluruh Indonesia dan sampai sekarang pun saya masih mengasah kemampuan saya.

Begitu juga ketika saya duduk dibangku kuliah saya melihat teman – teman saya yang memiliki talenta yang banyak, seperti bisa bermain musik dan pintar sekaligus, mungkin akan menciutkan hati. Kalau sudah begini, mereka menjadi “kambing hitam” sejati karena menurut saya, mereka sukses dalam studi karena punya talenta “seluas seribu hektar”.

Tetapi pada kenyataannya, semua orang diberi anugerah yang sama bahkan bagi orang yang dianggap bertalenta “setengah terisi”. selama talenta itu diolah dengan disiplin tingkat tinggi, talenta yang setengah itu malah menjadi keahlian yang lebih hebat dibanding orang lain yang terlahir dengan talenta lebih banyak.

Unit Metalurgi Muntok

Hari ini saya kembali lagi ke daerah Muntok di Bangka – Belitung untuk memberikan training tempat ini begitu berkesan buat saya, karena keramahan penduduknya dan semangat kerja warga disini sangat luar biasa.

Sambutan mereka terhadap saya dan tim sangat luar biasa, sebelum sampai di Muntok saya harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 2,5 jam dan melewati daerah – daerah yang begitu indah dengan jalan yang berliku seperti jalanan menuju daerah.puncak cisarua.

Warga disini sangat murah senyum dan sangat hangat terhadap siapapun yang berkunjung disini, dan para pimpinan disini sangat baik dan low profile, baik yang sekarang ataupun yang lalu, disini saya tidak pernah merasa jauh dari kota besar, karena setiap malam disini selalu di isi dengan kegiatan – kegiatan yang sangat fun di antaranya saya bermain futsal dengan warga bahkan dengan Kepala Unit disini.

Karena keramahan warga disinilah yang membuat tempat ini sangat saya rindukan dan juga beberapa teman – teman saya yang pernah berkunjung disini mengatakan hal yang sama. Semoga para karyawan yang bertugas di Muntok diberikan kemudahan dalam segala hal dan bisa memberikan kontribusi yang terbaik untuk perusahaan yang sama – sama kita cintai… Aamiin……

                                                                        @Davied_vier 

Hidup Ini Singkat…

Sesungguh nya kehidupan di dunia ini begitu singkat tetapi kenapa kita begitu di perbudak oleh kehidupan yg bersifat sementara, sehingga kita lupa akan tujuan hidup kita di dunia, kita menghalalkan segala cara utk memperoleh kebahagiaan di dunia.
 

Tak jarang kita menyakiti teman,saudara yg selama ini selalu membantu kita, apakah kebahagiaan dunia membuat mata hati kita menjadi buta.seakan-akan kita menjadi tidak berarti apabila kita memiliki cukup materi yg bisa di banggakan di dunia ini. Sedangkan kita di mata Tuhan adalah sama yg membedakan hanyalah amal perbuatan kita.
 

Wahai manusia termasuk diri ini sadar lah bahwa kematian adalah pasti dan masing – masing dari kita akan menghadapi itu semua, tidak ada yg akan kita bawah ke alam kubur kecuali amal kita di dunia. Saya tidak bermaksud bahwa kita tidak perlu materi di dunia ini, tetapi jangan karena materi di dunia kita menjadi lupa akan kodrat kita, saya rasa semua agama tidak suka dengan kemiskinan, kita di wajibkan utk hidup bahagia tetapi dgn cara yg benar bukan saling menikam dari belakang.


                                                                          @Davied_ vier

Al Qur’an sahabat setia sepanjang masa

Abu Umamah Al Bahili berkata,” aku mendengar Rosululloh saw. bersabda, ‘bacalah Al Qur’an! sesungguhnya, dia akan datang pada hari kiamat memberi syafaat kepada sahabatnya.’.”

Persahabatan adalah hubungan dekat antara dua orang atau lebih. Tidak hanya hub yg sdh lama, dua org baru kenal pun dapat dikatakan telah bersahabat jika telah melakukan interaksi di antara keduanya. Persahabatan merupakan kenikmatan yg senantiasa di cari. oleh karena itu, mereka berusaha auntuk senatiasa merawat hubungan yg telah di bina tersebut.
Bahkan, banyak orang yg rela mengorbankan apa saja demi sebuah persahabatan.

Akan tetapi semaksimal apapun menjaga persahabatan ini, Jika tiba saatnya untuki berpisah, mereka tidak dpt mengelak.artinya, hubungan antara sesama manusia,bagaimana akrab dan intimnya, tetap saja ada batas akhirnya. Misalnya, mereka di pisahkan oleh kesibukan masing2, waktu yg ada, bahkan kematian.

ADAKAH SAHABAT SETIA DAN ABADI?

ALLAH telah menyediakan bagi setiap hamba-nya sahabat yg setia dan abadi. Tidak hanya pada waktu senang, pada waktu susah sahabat itu akan senantiasa bersamanya. Dia tidak akan membiarkan sahabatnya hidup dalam limpahan kenikmatan kecualidia ingatkan bahwa kenikmatan tersebut akan berakhirdan tidak akan membiarkan temannya menderita kecuali dia berikan harapan bahwa penderitaan tersebut tidak akan berkepanjangan.

sahabat yg ALLAH sediakan tersebut senantiasa menemani hamba-nya sekaligus melayaninya di setiap keadaan tanpa pandang bulu. bahkan, bukan hanya di dunia, di akhirat pun dia akan senantiasa menemani dan melayaninya dia adalah AL QUR’AN…………….

Hari Pertama Beraktivitas

Hari ini adalah hari pertama saya melakukan aktivitas di kantor setelah beberapa hari libur lebaran, tetapi hari ini suasana di kantor begitu berbeda karena hari ini saya di temani oleh anak saya yang baru berusia 7 tahun dan istri saya tercinta yg setiap hari semakin terlihat cantik.

Senang sekali bisa melihat anak saya bermain dengan laptop dan PC di kantor dan terkadang dia berlari – lari mengelilingi ruangan, melihat dia bermain dengan riang nya semakin menambah semangat saya untuk melakukan yang terbaik untuk kebahagiaannya.

Melihat dia tersenyum membuat hati ini bahagia dan kebahagiaan itu rasanya tidak bisa di tukar dengan apapun, sesekali dia berkata, Ayah aku nanti kalo udah besar pengen jadi kayak Ayah kerja pake laptop, terus bisa ngomong di depan orang banyak kayak waktu di Bangka.

Sambil tersenyum saya bilang iya, nanti Izza bisa jadi seperti Ayah kok bahkan nanti lebih pintar dari Ayah, dan dia menjawab ok Ayah, ternyata dia masih ingat ketika saya ajak ke Bangka, dia melihat saya mengisi training dan itu terekam baik di pikirannya.

Dari percakapan saya dengan Izza (anak saya), saya semakin yakin bahwa orang tua adalah figur yang di idam – idamkan oleh anak kita, anak kita cenderung ingin menjadi seperti orang tua nya atau kalau bisa melebihi orang tua nya, oleh sebab itu sebagai orang tua hendaklah kita bisa menjadi contoh yang baik untuk anak kita. Agar suatu hari anak kita tidak menyesal telah menjadikan kita sebagai panutannya yang bisa mengantarkan anak kita ke gerbang kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin…..

                                                                                   @Davied_vier

Bersyukur

Di malam takbiran tahun ini begitu bahagianya diri saya, karena bisa berkumpul bersama kedua orang tua saya. Bahkan tadi malam kami tidur bersama – sama dalam satu kamar jadi teringat masa kanak – kanak dulu.

Dan rasa syukur saya semakin bertambah ketika kami bisa berangkat sholat Ied bersama – sama setelah pulang dari sholat Ied kami semua bersalam – salaman dan berpelukan bahkan tanpa sadar air mata ini menetes ketika ayah dan ibu saya memeluk saya dengan erat.

Di dalam pelukannya saya merasa dan melihat rambutnya yang semakin memutih dan kulitnya tidak selembut dulu lagi.. di dalam hati terucap doa yang tulus.. Ya Allah berikanlah keberkahan di sisa usia kedua orang tua ku, jangan Kau panggil mereka sebelum aku bisa membahagaiakan mereka.

Inilah rasa syukur saya yang tidak bisa saya ucapkan lagi dengan kata – kata, karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama seperti saya, bisa berkumpul bersama kedua orang tua di saat – saat seperti ini, seperti bapak – bapak yang tergabung dalam TNI dan POLRI yang masih bertugas di hari raya ini. Kemudian para perantau yang tidak bisa kembali ke kampung halaman karena alasan financial, Dan masih banyak lagi.
  
“maka nikmat Tuhanmu manakah yang kau dustakan” 

Oleh sebab itu saya sering tidak habis pikir bagi mereka yang memiliki orang tua lengkap dan tinggal nya masih satu kota dengan orang tua nya, di malam takbiran tidak menginap di rumah orang tua nya tetapi justru datang setelah sholat Ied bagaikan tamu…

Semoga hal itu tidak terjadi kepada diri ini.. Aamiin….

                                                       
                                                                              @davied_vier

Penjual Pecel

Selama bulan puasa ini setiap sore di dekat rumah saya ada ibu – ibu penjual pecel yg usianya kira – kira hampir sama dengan usia ibu saya. Beliau berjualan dengan menggunakan sepeda nya, terkadang dikala beliau sedang berjualan ada kedua putri nya yg masih kecil menemaninya.

Ketika saya sedang membeli pecel saya selalu melihat kedua putri nya itu sedang bermain dan bersenda gurau. Terlihat keceriaan di wajah kedua putri nya begitu juga dengan ibu nya yg sedang berjualan, saya biasa memanggilnya bude karena beliau orang jawa. kami sudah akrab karena saya hampir setiap sore membeli pecel bude tersebut apabila saya sedang berada di Jakarta, dan kemarin sore ketika saya membeli pecel  terjadi perbincangan bude menanyakan kepada saya, bpk nggak mudik ? dan saya menjawab insya Allah hari kamis bude, dan saya pun balik bertanya bude nggak mudik ? dan bude pun menjawab sudah 2 tahun saya nggak mudik pak, saya tanyakan oow memang nya kenapa bude kok nggak mudik.

Beliau menjawab, dengan penuh senyum di wajahnya harga ticketnya saya nggak mampu beli pak, tahun ini rencananya mau pulang pak, ikut rombongan mudik gratis tetapi setelah saya mendaftar saya di minta untuk membayar Rp. 70.000,- dan saya katakan kepada yg minta uang sama saya, mas jangankan 70rb sedangkan 50rb aja saya masih berat mas, mendengar itu tanpa sadar air mata saya pun menetes sambil berucap dalam hati, Ya Allah kok masih ada manusia yang tega mengambil kesempatan dalam kesempitan terhadap kaum yang lemah.

Karena hari itu pembelinya semakin banyak yang datang akhirnya saya pun pulang begitu sampe di rumah saya pun berfikir, Ya Allah di luar sana ada sebagian orang yang merasa uang 50rb itu begitu berarti, sementara di luar sana juga banyak yang menganggap uang 50rb itu sudah tidak artinya lagi.

Dengan kejadian ini secara tidak langsung mengingatkan kepada diri saya untuk senantiasa bersyukur dan bijak dalam mengeluarkan uang karena masih banyak saudara – saudara kita yang membutuhkan.

                                                                                             @davied_vier

PULAU KUNDUR…..

Sudah tiga hari saya berada di Pulau kundur, Pulau yang sangat tenang dan warganya yang begitu bersahaja membuat saya semakin bersemangat. sudah dua malam saya berkeliling menjalankan sholat teraweh di beberapa mesjid di sekitar pulau ini dan jaraknya lumayan berjauhan, hal itu membuat saya semakin tau budaya melayu disini.

Selama perjalanan menuju mesjid saya melihat kehidupan yang begitu sederhana disini, berbeda sekali dengan kehidupan di kota – kota besar, disini banyak senyum yang tulus dari wajah mereka dan anak – anak yang penuh tawa.

Keunikan lain disini pakaian sholat (koko) bagi laki – laki di dominasi warna – warna yang mencolok sehingga ketika di mesjid terlihat terang, dan selepas sholat teraweh jama’ah nya tidak langsung kembali kerumah tetapi melanjutkan tadarus yang pertama mengaji para wanita nya dan kaum prianya menikmati kopi dan makanan ringan di beranda mesjid selepas itu baru bergantian kaum pria nya yg mengaji dan kaum wanitanya kembali ke rumah.

Dan ketika baru hari pertama saya disini saya sempat kaget dengan tanda berbuka puasa disini, disini tandanya menggunakan sirine yang sangat keras suaranya seperti tanda jam istirahat atau jam pulang kerja karyawan – karyawan pabrik, setelah sirine di bunyikan kami berbuka lima menit setelah sirine berbunyi baru kita bisa mendengarkan adzan Magrib berkumandang.

Indahnya kehidupan disini.. begitu kaya akan budaya bangsa ku ini… semoga bangsa kita bisa menjadi bangsa yang besar… Aamiin……… 

Cintai Anak Kita Sepenuh Hati…

Hari ini seperti biasa saya sedang menjalankan tugas saya sebagai seorang Trainer, untuk memberikan training di pulau kundur. Dan lokasinya jauh dari rumah dan saat ini bertepatan dengan bulan puasa sehingga terasa semakin rindu sekali dengan anak dan juga istri saya.

karena rindunya saya dengan keluarga di rumah, ketika tadi saya sholat Dzuhur tiba-tiba terbayang wajah anak saya sedang tersenyum entah pertanda apa ?

Mudah – mudahan itu pertanda baik yang di berikan oleh Allah kepada saya bahwa anak saya di rumah dalam keadaan sehat dan sedang bermain dan tertawa bersama ibunya atau mungkin karena begitu sayangnya saya kepada anak saya, jadi kemanapun saya pergi anak saya selalu ada di pikiran saya.

Kenapa rasa sayang saya kepada anak saya begitu besar, karena saya selalu berfikir bahwa anak adalah titipan dari Allah yang harus kita jaga dan kita sayangi karena kelak kita akan di mintai pertanggung jawaban oleh sang pemilik anak kita yg sesungguhnya yaitu Allah SWT.

Coba kita bayangkan ketika bos kita menitipkan sebuah mobil,emas,berlian kepada kita maka apa yang akan kita lakukan, tentu kita akan menjaga baik – baik barang tersebut bahkan kalo perlu tidak boleh ada yang menyentuhnya.

Demikian juga dengan anak kita karena anak kita sesungguhnya lebih berharga dari mobil,emas,bahkan berlian sekalipun oleh sebab itu kita sebagai orang tua wajib menjaga dan merawatnya karena anak kita 
adalah titipan dari Allah SWT.

Selamat mencintai dan mengasihi anak – anak kita agar kelak kita bisa tersenyum ketika berjumpa dengan-Nya 

                                                                                             – DvD –

                                                                                              

Perjalanan ke Pulau Kundur

Subhanallah…..

Hari ini Ketika saya hendak menuju pulau kundur saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga karena untuk sampe di kundur saya harus melalui 3 (tiga) jalur yaitu jalur udara,darat dan laut, mungkin sebagian orang bertanya – tanya dimanakah pulau kundur itu.

Pulau kundur itu terletak di kepulauan Riau, dari Jakarta saya menggunakan pesawat menuju Batam dengan waktu kurang lebih 1 jam 20 menti, setibanya di batam saya harus naik Taxi menuju pelabuhan sekupang untuk melajutkan perjalanan menuju Tanjung Balai Karimu dengan menggunakan kapal laut yg berukuran tidak terlalu besar dan perjalanan yang harus saya tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dan setiba nya di Tanjung Balai Karimun saya harus berganti kapal menggunakan speed boat untuk menuju pulau Kundur.

Ketika dalam perjalanan dari Pulau Kundur saya menyempatkan diri keluar dari speed boat untuk melihat pemadangan serta melepas lelah dan terlihat begitu indah pemandangan laut dan pulau – pulau kecil yg mungkin tidak berpenghuni dan ketika saya melihat pemandangan laut yang begitu luas dan seakan – akan tanpa batas saya semakin menyadari betapa kecilnya saya di hadapan Allah dan ternyata sungguh tidak ada yang pantas kita sombongkan di dunia ini karena jika Allah mau dan berkehendak atas apa yang terjadi dengan kehidupan kita maka Dia akan dengan mudah melakukannya…………….

                                                                                        – DvD –

SAHABAT…..

Sahabat………

Bukan atas apa atau dasar apa kita menjadi seorang sahabat tapi itu dari hati, sahabat itu tempat untuk berbagi dan membagi, sahabat itu saling menyejukan bukan membekukan, sahabat itu untuk menghangatkan bukan memberi rasa panas.

Sahabat adalah sesorang yg paling tahu hal – hal buruk dalam diri kita dan sahabat yg baik adalah yg berani marah saat kita berbuat salah.

Sahabat adalah seseorang yg rela meminjamkan bahunya untuk kita bersandar disaat kita lelah atau rapuh di dalam menghadapi kehidupan ini.

Sahabat.. itu tidak pernah berhitung apapun yg telah dia korbankan untuk sahabatnya.. karena sahabat itu saling melengkapi dan bukan mencari keuntungan dari sahabatnya itu sendiri.

                                                                                             – DvD-

GELAP

Ketika kamarku menjadi gelap gulita, aku membayangkan suatu saat akan berada di ruangan yg beukuran 2×1 yg sangat sempit dan gelap sekali tdk ada seorangpun yg akan menemani, org tua yg kita sayangi, teman yg kita cintai bahkan istri ataupun suami yg kita hormati….tdk mkn akan menemani

Hanya dengan seutas kain putih yg membungkus diriku, serta keimanan dan ketaqwaan yg mendampingi ku utk berhadapan dgn Nya…. Uangku, hartaku, yg aku cari selama ini sdh tdk ada artinya lg di hadapan Nya….

Aku membayangkan setelah ramai org mengantarkan ku dan memberikan bunga di pusaraku, maka aku akan sendiri di ruang yg berukuran 2×1 ini. satu per satu mereka meninggalkan pusara ku, maka akan datang malaikat utk menanyakan apa saja yg telah aku perbuat selama di dunia…..

Ya Tuhan aku takut…. Seandainya itu terjadi dimana aku blm siap dan belum menjalankan semua perintahmu maka api neraka menantiku….sementara aku yakin dan percaya bahwa kematian itu pasti. Ya Tuhan ampuni aku….

                                                                                                        – DvD –

IBU…..

Ibu…

Dentingan nafasmu menyelimuti hariku dari bayi hingga ku beranjak dewasa bahkan sampaiku sudah berkeluarga.

Tak tersimpan setitik kelelahan dari dulu hingga kini di wajahmu..

Tak terlihat sesal saat semua harus kau lalui untuk membantu ku tumbuh di tengah – tengah dunia yg penuh dengan liku ini.

Langkahmu tak pernah terhenti untuk mengajarkanku tentang  baik dan buruknya kehidupan ini.

Kasihmu tak kunjung redah walau sekarang sudah terlihat memutih rambutmu.

Kau tetap mengurai senyum untuk ku dan keluarga kecil ku.

Dan selalu teriring doa di setiap ucapanmu untuk ku sehingga aku bisa menjalani kehidupan ini dengan penuh tawa dan bahagia.

Ibu kau mutiara di hatiku,,,,,,,,,,,,,,,,,,

   
                                                                                                – DvD _

MASA DEPAN

Kita bisa belajar dari masa lalu, tetapi kita tidak dapat mengubahnya kita bisa merencanakan masa depan, tetapi mengkhawatirkan masa depan tidak akan membuatnya berubah