Select Page

Sebuah organisasi pasti membutuhkan seorang yang mampu memimpin dan mengatur organisasinya. oleh sebab itu dibutuhkan seseorang “berkompeten” dalam memimpin. Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang sukses maka Anda harus mengetahui dan bersedia mempelajari Interpersonal Skill.

Yang menjadi pertanyaan adalah apa itu Interpersonal Skill ? Interpersonal Skill adalah kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam hubungannya dengan orang lain, kecakapannya atau keterampilan untuk berkomunikasi baik verbal atau non verbal.

Secara sederhana interpersonal skill adalah kemampuan atau ketrampilan (skill) yang di miliki oleh seseorang untuk mengenali, menghadapi dan berinteraksi dengan orang lain, baik individu maupun masyarakat.

Untuk menguasai Interpersonal Skill Anda wajib menekan ego pribadi, dengan menekan ego pribadi maka Anda dapat belajar untuk memahami orang lain karena setiap orang mempunyai keunikannya masing-masing. dengan menguasai Interpersonal Skill akan memungkinkan Anda untuk menangani permasalahan di internal organisasi Anda secara lebih efektif dan komunikasi akan berjalan dengan baik (lancar). Sehingga dapat meningkatkan produktivitas orang-orang yang Anda pimpin dan memudahkan perusahaan atau organisasi mencapai target yang telah ditetapkan.

Dari sekian banyak kegagalan yang terjadi dari seorang pemimpin , salah satunya adalah karena buruknya Interpersonal Skill, rendahnya interpersonal Skill menyebabkan pemimpin tidak dapat berkomunikasi dengan baik kepada atasan, bawahan atau yang satu level dengannya, inilah yang mempengaruhi semangat tim  yang berpotensi menurunnya produktivitas anggota yang ada di dalam organisasi tersebut dan yang lebih parahnya lagi adalah ketika terjadi konflik antara pimpinan dan karyawannya maka bisa menyebabkan karayawan frustasi sehingga memicu turnover yang cukup tinggi.

Agar hal-hal di atas tidak terjadi, ada 3 (tiga) cara untuk meningkatkan kemampuan Interpersonal Skill kita :

  1. Menerima pesan dengan baik dengan cara mendengarkan secara empatik.
  2. Menekan ego pribadi, agar kita dapat memahami orang lain.
  3. Memperbanyak berinteraksi dengan orang-orang baru karena akan melatih mengembangkan Interpersonal Skill.

Masih ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan Interspersonal Skill kita yang Insya Allah akan saya bahas ada tulisan saya berikutnya, selamat mencoba dengan penuh keyakinan.