Select Page

Kemarin sebelum saya berangkat ke kantor saya melihat sebuah tayangan di salah satu siaran televisi swasta yang sedang mengulas Sumanto, yang terkenal dengan kasus kanibalismenya. Sumanto sekarang ditempatkan di salah satu rumah sakit jiwa dan dia jarang sekali bisa bertemu dengan kedua orang tuanya.

Sulit bagi Sumanto untuk bisa bertemu dengan keluarga dan juga ibu kandungnya karena warga di kampung dimana keluarga dan ibu nya tinggal sangat menolak kehadiran Sumanto, warga disana takut kejadian menakutkan itu terulang kembali, kemarin di dalam tayangan televisi itu Sumanto diberikan kesempatan untuk berkunjung kerumahnya untuk bertemu dengan keluarganya.

Ketika sampai di rumah tersebut Sumanto menemui kakak dan adiknya dan yang membuat saya kagum adalah sosok wanita tua yang keluar dari kamarnya tiba-tiba memeluk Sumanto sambil menangis dan berkata ibu kangen le… ( panggilan anak dalam bahasa jawa ).

Kemudian ibu itu memberikan air minum untuk Sumanto sambil berbincang Рbincang, dalam hati saya pun berkata Ya Allah begitu Mulia kasih sayang ibu, seakan Рakan dia tak pernah perduli dengan masa lalu anaknya yang buruk, dia tetap merindukan dan menerima kehadiran anaknya dengan tangan terbuka, meskipun seluruh warga kampungnya menolak kehadiran Sumanto, namun bagi wanita tua  itu Sumanto adalah anak yang 9 bulan pernah berada di kandungannya, maka tidak ada alasan baginya untuk tidak menerima kehadirannya.

Ya Allah sungguh mulia kasih sayang seorang ibu maka wajar jika surga itu berada dibawah telapak kaki ibu, karena begitu tulusnya kasih sayang seorang ibu, dia tak pernah merasa letih dan merasa malu mendidik dan membesarkan anak – anaknya. Ya Allah berikanlah keselamatan di dunia dan di akhirat bagi ibu kami Ya Robb…