Select Page

Ketika di dalam sebuah training di luar kota ada peserta yg bertanya pak bagaimana ketika kita menghadapi pasangan yg nggak sempurna ?… sambil tersenyum saya menjawab, jika pasangan kita kurang sempurna maka tugas kita adalah mencintainya dengan cara yg sempurna… he..he..

Peserta tersebut bingung dan bertanya maksudnya pak ? dan saya balik bertanya apakah ada manusia yg sempurna di muka bumi ini ? dia jawab tidak ada pak 🙂 lalu kenapa Anda menuntut pasangan Anda untuk menjadi sempurna bukankah lebih baik Anda menerima kekurangannya dengan cara yg sempurna, sehingga Anda tidak mempermasalahkan lagi kekurangannya.

Kebetulan yg bertanya adalah peserta laki – laki dan saya tanyakan kembali kepadanya apa yg membuat Anda berani mengatakan kalau pasangan Anda tidak sempurna ? dan dia mengatakan saya itu maunya dia mengikuti apa yg saya inginkan pak?… tapi nggak pernah bisa !! ooww jadi itu yg Anda inginkan  ? iya pak..

Kemudian saya menjelaskan untuk semua peserta yg hadir, kalau kita menginginkan pasangan hidup kita sesuai dengan apa yg kita mau dan kita inginkan itu sama halnya dengan kita menyuruh pasangan kita untuk menjadi diri kita sendiri, yg artinya tanpa sadar kita sedang mencintai bayangan kita sendiri. sebab kita berharap pasangan kita melakukan apapun sesuai dengan apa yg kita mau, sementara hampir semua orang belum tentu memilki kemampuan yg sama untuk melakukan apa yg kita inginkan.

Hal itulah yg membuat pasangan kita terlihat tidak sempurna dimata kita, maka marilah kita sama – sama saling mengerti kemampuan dari pasangan kita masing – masing agar kita tidak mencintai bayangan kita sendiri.

@Davied_vier