Select Page

Ketatnya persaingan bisnis saat ini membuat kita wajib memberikan yang terbaik untuk konsumen kita, yang terbaik dalam bentuk kualitas, harga dan tentunya pelayanan, ketika hal itu sudah kita tingkatkan maka hal terpenting berikutnya adalah bagaimana cara kita memasarkan produk-produk kita tersebut.

Disinilah marketing memegang peranan penting karena terjadinya pembelian atas barang dan jasa sangat tergantung dari keahlian seorang tenaga penjual (sales) oleh sebab itu sebagai tenaga penjual wajib memiliki 3 (tiga) peran ini : KONSULTAN, MITRA,PROBLEM SOLVER.

Marketing harus bisa menjadi KONSULTAN bagi kliennya sehingga bisa memberikan masukan-masukan kepada kliennya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh klien tersebut.

Dan marketing pun harus bisa menjadi mitra bagi kliennya menjadi mitra  berarti tidak mencari keuntungan sepihak, yang diharapkan disini adalah klien mendapatkan keuntungan dari produk yang mereka beli dalam bentuk kualitas, harga dll. Begitu juga dengan marketingnya yang akan mendapatkan keuntungan dari produk yang dia jual.

Yang berikutnya marketing harus bisa menjadi PROBLEM SOLVER yang baik sehingga jika terjadi masalah marketing tersebut bisa mencarikan jalan keluar yang baik bagi klien tersebut.

Ketika seorang marketing memiliki ketiga peran tersebut maka kemungkinan besar terjadinya closing akan semakin besar karena dengan sendirinya marketing tersebut akan mendapatkan kepercayaan dari kliennya tersebut, ketika klien sudah percaya maka apapun yang marketing tawarkan kemungkinan klien tersebut akan membeli apa yang kita tawarkan.

Salam… Belief..

@davied_vier