Select Page

Akhir – akhir ini saya sering mendengar orang berbicara jika ingin “kaya”  kita harus keluar dari pekerjaan kita dan harus jadi pengusaha, memang tidak salah dan tidak sepenuhnya benar.

Saya mengalaminya sendiri bagaimana suka dukanya membangun usaha dan bagaimana ketika menjadi karyawan disebuah perusahaan, ketika saya menjadi pegawai pendapatan saya tetap dan pasti setiap bulannya sehingga memudahkan saya dalam mengatur pengeluaran setiap bulannya karena jelas yang saya dapatkan setiap bulannya.

Dan setiap tahun kenaikan gaji saya pun bisa diperhitungkan, kenaikan jabatan pun bisa diperjuangkan sesuai dengan kinerja saya, berdasarkan itu semua maka bisa dipastikan dengan menjadi karyawan kita pun bisa memiliki pendapatan yang cukup bahkan lebih dari cukup asalkan kita mau bekerja di atas rata-rata karyawan yang lain.

Setelah beberapa tahun menjadi karyawan akhirnya saya memutuskan untuk berhenti bekerja dan mencoba mendirikan perusahaan bersama istri saya, pada saat pertama kali membuka usaha, saya dan istri sepakat untuk tidak memiliki utang baik itu utang kartu kredit ataupun angsuran – angsuran lainnya, kenapa ? sebab ketika membuka usaha pertama kali, kita harus siap mental bahwa setiap bulan belum tentu kita dapat penghasilan yang sama besarnya seperti ketika kita menjadi karyawan.

Ketika pertama kali menjalankan usaha ternyata tak semudah yang dibayangkan banyak sekali halangan dan rintangan bahkan pernah beberapa bulan itu perusahaan saya tidak ada pemasukan dan saya harus memenuhi kebutuhan hidup dari tabungan kami.

Seiring berjalannya waktu usaha saya pun alhamdulillah semakin maju sampe dengan hari ini, namun ada perubahan pemikiran ketika saya menjadi karyawan dan sekarang menjadi pemilik perusahaan, saat jadi karyawan saya berfikir bulan depan pas gajian mau beli apa ya ? sekarang ketika memiliki perusahaan yang ada dipikiran saya 3-6 bulan kedepan apa yang harus saya lakukan agar perusahaan saya tetap bertahan dan lebih maju. he..he..

Jadi ketika Anda ingin membuka usaha maka yang harus Anda siapkan pertama adalah mental Anda, kemudian tabungan Anda harus cukup kemudian jika Anda masih memilki hutang atau angsuran – angsuran yang harus dibayar selesaikanlah terlebih dahulu atau minimal Anda kurangi agar tidak terlalu membebani setiap bulannya. Selamat mencoba.. 🙂